Jalan Utama Menuju Pekon Sukarame Belalau Tertimbun Longsor

Jalan Utama Menuju Pekon Sukarame Belalau Tertimbun Longsor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat memicu terjadinya bencana tanah longsor yang menimbun akses utama menuju Pekon Sukarame, Kecamatan Belalau, Senin malam (24/10/2022) sekitar pukul 21:00 WIB.

Usai menerima laporan dari pemerintah pekon melalui Pemerintah Kecamatan Belalau, Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dipimpin Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Padang Prio Utomo, S.H langsung turun kelokasi.

Padang menyebut, dari hasil pengecekan di lokasi  terdapat dua titik gangguan yakni longsor dan reruntuhan semak serta ranting pohon yang turun dari tebing dan menimbun badan jalan.

"Hambatan terjadi di dua titik dimana satu titik merupakan reruntuhan semak dan ranting pohon dan satu titik lainnya dengan jarak sekitar 15 Meter yakni longsor dengan material tanah dan semak  dengan volume panjang sekitar 3 meter dan lebar sekitar 1,5 meter," jelasnya.

BACA JUGA:Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor di Jalinbar

Mengingat volume longsor masih dapat dibersihkan secara manual, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pekon setempat agar dapat melakukan upaya gotong royong bersama masyarakat dan personil satgas PB pekon.

Sementara itu, Peratin Sukarame Herwin mengatakan, bencana longsor itu terjadi tepatnya di tanjakan kesugihan, kondisi itu mengakibatkan akses utama menuju wilayah setempat terganggu, pasca kejadian pihaknya langsung berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk diteruskan ke BPBD.

"Dipastikan akses utama tidak dapat dilalui baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, karena ada dua titik longsor yang menimbun  jalan, tadi saat bersama kepala pemangku sudah turun ke lokasi," ujarnya.

Untuk penanganan lebih lanjut, kata dia,  pihaknya memang telah merencanakan untuk melakukan gotong royong bersama aparat pekon, satgas penanggulangan bencana (PB) pekon serta masyarakat untuk membersihkan material longsor tersebut.

"Ya besok memang sudah kami rencanakan untuk gotong royong, mudah-mudahan cuaca berangsur cerah sehingga tidak terjadi longsor susulan," imbuhnya. (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: