Desa Jatimulyo Laksanakan MusrenbangDes 2023

Desa Jatimulyo Laksanakan MusrenbangDes 2023

--

LASMEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Guna mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan agar bisa sesuai dan berjalan dengan harapan masyarakat, Pemerintah Desa Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan Musyawarah Rembug Pembangunan Desa (MusrenbangDes) Tahun Anggaran 2023 di aula desa setempat pada Senin (24/10).

Dimana MusrenbangDes merupakan rangkaian kegiatan dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

Plt.Camat Jatiagung Rosa Resnida, S.Km dalam sambutannya mengatakan bahwa musrembangdes ini harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) yang sudah tersusun. 

"Sehingga rencana pembangunan desa Jatimulyo ini sesuai dengan apa yang menjadi kesepakatan dalam program pembangunan desa," ujarnya. 

BACA JUGA:Masih Ada Ternak Makan Sampah di Pesbar

Sementara dalam sambutannya Kepala Desa Jatimulyo Hi.Sumardi SE mengatakan bahwa tujuan daripada Musrenbang ini adalah langkah awal dalam rangka menyusun rencana pembangunan di tahun 2023.

"Musrenbang Desa ini ialah untuk menentukan atau menyepakati mana yang menjadi skala prioritas dan mana yang tidak skala prioritas pembangunan yang diusulkan oleh masing-masing wilayah Kadus, yang mana rencana pembangunan tersebut nanti akan dibiayai yang bersumber dari Dana Desa," ungkapnya.

Sementara dari kegiatan Musrenbang itu terdapat beberapa usulan pembangunan Anggaran 2023 serta juga disampaikan realisasi pembangunan 2022 yang disampaikan Sekretaris Desa Jatimulyo Sidik Priyanto

Sidik mengungkapkan bahwa untuk anggaran tahun 2022 yang sudah direalisasikan terus berjalan, baik secara kegiatan program pemerintah ataupun kegiatan pemdes Jatimulyo 

BACA JUGA:Polsek Kedaton dan Tekab 308 Tangkap Pencuri AC dan Penadahnya

"Untuk realisasi Di tahun 2022 antara lain pembangunan Rabat beton jalan usaha tani di dusun 4 serta pemberian pupuk bagi kelompok tani melalui Program Ketahanan Pangan,adapun program pemerintah yang sudah direalisasikan pembangunan IDM serta penyaluran BLT DD kepada 174 selama 9 bulan," terangnya 

Sementara untuk usulan di tahun 2023 yakni pembangunan fisik maupun nonfisik meliputi pembangunannya rabat beton di dusun 2D sepanjang 400 M, pembangunan Puskesdes, Penanganan Stunting serta BLT-DD dan pemulihan ekonomi yang mencakup penyertaan modal bagi BUMDES dan UMKM.(wji/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: