Lamtim Peringati HSN Secara Serentak di 24 Kecamatan

Lamtim Peringati HSN Secara Serentak di 24 Kecamatan

Wagub Nunik saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kecamatan Purbolinggo Lamtim. - foto dok--

LAMTIM, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Peringatan hari santri nasional (HSN) di Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan secara serentak di 24 kecamatan, Sabtu 22 Oktober 2022.

Untuk tingkat Kabupaten peringatan HSN dipusatkan di Lapangan Kecamatan Way Jepara dan dipimpin Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo.

Kemudian, Kapolres Lamtim AKBP Zaky Alkazar Nasution memimpin peringatan HSN di Lapangan Desa Adirejo Kecamatan Jabung. 

Selanjutnya, Dandim 0429 Lamtim Letkol Puji Indra Triwanto memimpin peringatan HSN di Kecamatan Marga Sekampung.

BACA JUGA:Peringatan HSN di Pringsewu Diisi dengan Ziarah dan Istighosah

Sementara peringatan HSN di Kecamatan Purbolinggo dihadiri Wakil Gubernur Lampung Chusnunia dan Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim Yus Bariah.

Pada upacara peringatan HSN tersebut jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lamtim membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Dalam sambutannya Menteri Agama antara lain menjelaskan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober hari santri.

Menurutnya, penetapan 22 Oktober tersebut, merujuk pada tercetusnya resolusi jihad. Itu antara lain berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Parosil Berikan Hadiah Umroh Kepada Pembawa Baki Bendera dan Komandan Upacara HSN 2022

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan. 

Dilanjutkan, sejak ditetapkan pada tahun 2015, maka setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda. 

“Untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan,” jelas Menteri Agama melalui sambutan yang dibacakan Bupati, Kapolres serta Dandim 0429 Lamtim. 

Terpisah, Ketua TP-PKK Lamtim Yus Bariah menjelaskan, Menurutnya santri memiliki tradisi saling menghormati dan menghargai hubungan sesama manusia serta menjunjung hubungan dengan Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: