DPC APMDN Lambar Akan Gelar Bimtek Skema Sertifikasi TPP

DPC APMDN Lambar Akan Gelar Bimtek Skema Sertifikasi TPP

Ketua DPC APMDN Kabupaten Lampung Barat Taswin Parizullah--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa  Nusantara (APMDN) Lampung Barat akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Skema Sertifikasi Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Lampung Barat.

Bimtek Skema Sertifikasi ini rencana akan dilaksanakan secara Swadaya, Selasa (25/10). Di Balai Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau yang rencana diikuti oleh 57 peserta dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Lima Orang, Pendamping Desa (PD) 21 Orang dan Pendamping Lokal Desa (PLD) 31 Orang yang tersebar di 131 Pekon di Kabupaten Lampung Barat.

Ketua DPC Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa  Nusantara (APMDN) Lampung Barat Taswin Parizullah menyampaikan, bimtek ini sangat berguna untuk mendukung sertifikasi TPP Kabupaten Lampung Barat, sebagai Amanah UU No.6/2014 tentang Desa, Dimana TPP mengikuti bimbingan teknis terlebih dahulu sebagai panduan menyusun Portofolio serta syarat mengikuti sertifikasi nanti.

Pemateri dalam bimtek ini adalah Asesor Nasional sekaligus Pengurus DPD APMDN Provinsi Lampung. yaitu Mashuri, SP,  Hatta Kadir, S.Kom dan Reka Putra Pihaknya juga merupakan Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Bupati Tanggamus Hadiri Kegiatan Family Gathering SD Muhammadiyah Gisting

Beberapa materi yang akan disampaikan antara lain yaitu: Melakukan Fasilitasi Pendataan Desa, Melakukan fasilitasi pemanfaatan data desa, Melakukan Fasilitasi Pelaksanaan Pembangunan Desa, Melakukan monitoring kegiatan pembangunan desa, Melakukan fasilitasi pertanggungjawaban pembangunan desa dan Melakukan fasilitasi pembentukan badan usaha milik desa (bumdes) serta Menyusun laporan hasil kerja pendampingan.

“Dalam materi tersebut juga terdapat elemen kompetensi, sehingga lengkap,” jelasnya.

Taswin Parizullah juga menegaskan terdapat materi berupa Panduan Persiapan Sertifikasi TPP. 

Hal ini bertujuan membekali anggota asosiasi dalam menghadapi pelaksanaan sertifikasi TPP, membekali tentang SKKNI TPP dan skema, Penyusunan APL 01 dan APL 02. 

BACA JUGA:Alvin Allianz

Membekali anggota asosiasi dalam menyusun portofolio dan membekali anggota asosiasi dalam pelaksanaan asesmen uji kompetensi.

Dalam hal ini peserta mendapatkan bimbingan agar dapat melakukan fasilitasi pendataan desa, melakukan fasilitasi pemanfaatan Data Desa, melakukan sosialisasi kebijakan terkait Desa. Selain itu melakukan fasilitasi perencanaan pembangunan desa dan lainnya. 

“Semoga semua berjalan dengan baik. Selain itu kompetensi TPP Kabupaten Lampung Barat selalu dapat ditingkatkan, sehingga dapat mengawal dana desa di Kabupaten Lampung Barat serta Lampung Barat menjadi Hebat," ucapnya. (rin/mlo) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: