Satu Alat Berat Dikerahkan Bersihkan Longsor di Akses Utama Pekon Sukamulya

Satu Alat Berat Dikerahkan Bersihkan Longsor di Akses Utama Pekon Sukamulya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bencana tebing longsor yang menutupi akses utama menuju Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat akhirnya mendapat penanganan dengan diturunkannya satu unit alat berat milik pemkab lambar dalam hal ini Dinas PUPR, Senin (17/10/2022).

Diketahui bencana tebing longsor itu terjadi pada Minggu (16/10/2022) sore sekitar pukul 17.00 WiIB. 

Material longsor berupa bebatuan dan kayu dengan volume panjang sekitar 30 meter, lebar 5 Meter dengan ketebalan mencapai satu meter itu menutupi akses utama menuju wilayah setempat.

Meski sempat ada upaya gotong royong dari warga dan satgas penanggulangan bencana (PB) pekon namun upaya itu hanya mampu membuka akses bagi kendaraan roda dua. 

BACA JUGA:2023, Pemkab Lambar Targetkan Pekon Mandiri Menjadi 52

Sehingga untuk mendukung upaya penanganan maksimal, pemerintah pekon, kecamatan dan anggota DPRD Lambar Bambang Dwi Saputra bersama BPBD mengupayakan menurunkan alat berat milik Dinas PUPR.

Camat Sukau Andy Cahyadi, S.H, MA, mengatakan, bencana tebing longsor itu terjadi pasca hujan lebat yang melanda wilayah setempat pada Minggu (16/10) sore. 

Beruntung tidak ada pengendara yang melintas saat kejadian namun akibat bencana itu akses utama menuju pekon sukamulya sempat lumpuh.

“Setelah kejadian, langsung ada penanganan awal dari warga bersama satgas PB pekon yang bergotong royong membersihkan material longsor secara manual supaya bisa diakses oleh kendaraan roda dua dan hari ini satu unit alat berat dikerahkan untuk mengembalikan fungsi jalan,” ujarnya.

BACA JUGA:Disdikbud Lambar Ramai Didatangi Guru Honor, Ada Apa?

Sementara itu, kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo mengatakan, Satgas BPBD bersama satgas PB Pekon telah turun ke lokasi untuk membantu membersihkan material longsor tersebut, selanjutnya upaya penanganan dilanjutkan dengan dikerahkannya satu alat berat milik Dinas PUPR.

“Menyikapi cuaca extrim yang berlangsung saat ini, kami mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan terkait langkah antisipasi dan kesiapsiagaan juga terus dilakukan oleh Satgas BPBD Lambar termasuk dalam kesigapan melakukan penanganan terhadap berbagai gangguan bencana,” jelasnya.

Selain itu Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama pemerintah kecamatan dan pekon untuk memastikan kesiapan dari Satgas Penanggulangan Bencana di setiap pekon. (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: