2023, Pemkab Lambar Targetkan Pekon Mandiri Menjadi 52

2023, Pemkab Lambar Targetkan Pekon Mandiri Menjadi 52

Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon DPMP Lambar Desmon Irawan--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) setempat menargetkan tahun 2023 mendatang, jumlah pekon mandiri di Bumi Beguai Jejama Sai Betik tersebut bertambah lima Pekon, dari jumlah sebelumnya yakni 47 dari 131 Pekon yang ada.

Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada DPMP Lambar Desmon Irawan, S.T., mengungkapkan, selain jumlah pekon mandiri di Lambar tahun 2022 ini bertambah tujuh Pekon, kenaikan juga terjadi pada status Desa Maju dari 61 pekon 2021, tahun ini menjadi 63 pekon. Sehingga secara otomatis untuk desa berkembang berkurang dari 30 pekon tinggal 21 pekon lagi.

"Untuk tahun 2023 mendatang, kami menargetkan ada lima Pekon dengan status Pekon maju yang naik statusnya menjadi Pekon mandiri," ungkap Desmon mewakili Kepala DPMP Lambar Drs. Syaekhudin, MM., Senin (17/10/2022).

Dalam rangka mencapai target tersebut, lanjut Desmon, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada pekon-pekon terhadap indeks penilaian, antara lain seperti Indeks Ketahanan Sosial yaitu Pendidikan, Kesehatan, Modal Sosial, Permukiman. 

BACA JUGA:Disdikbud Lambar Ramai Didatangi Guru Honor, Ada Apa?

Indeks Ketahanan Ekonomi yaitu Keragaman Produksi Masyarakat, Akses Pusat Perdagangan dan Pasar, Akses Logistik, Akses Perbankan dan Kredit Keterbukaan Wilayah dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan yaitu Kualitas Lingkungan, Bencana Alam, Tanggap Bencana. 

"Untuk naik level menjadi Pekon Mandiri melalui indikator penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks tersebut," bebernya.

Untuk dik tahun, tahun 2022 tujuh Pekon yang berhasil menyandang status Pekon mandiri yakni Pekon Waypetai, Kecamatan Sumberjaya, Pekon Tanjungraya, dan Sukaraja, Kecamatan Waytenong, Pekon Muarajaya ll, Muarajaya l dan Muarabaru Kecamatan Kebuntebu. Serta Pekon Batukebayan, Kecamatan Batuketulis. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: