Jelang Pilkakam Serentak, Ini Pesan Musa untuk Petugas Pengamanan

Jelang Pilkakam Serentak, Ini Pesan Musa untuk Petugas Pengamanan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID-Berdasarkan perkiraan intelijen dan analisis situasi kamtibmas, terjadi peningkatan suhu politik di tingkat lokal yang memunculkan kerawanan jelang Pilkakam Serentak 2022 di Lampung Tengah.

Hal ini diungkapkan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad ketika apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkakam Serentak 2022 di Lapangan Mapolres, Selasa 23 Agustus 2022.

Musa Ahmad menyatakan potensi kerawanan jelang Pilkakam Serentak, di antaranya intimidasi, money politics, hoax, hate speech,  dan penyebaran isu SARA. 

"Hal ini harus diantisipasi agar jangan sampai memecah belah persatuan dan menimbulkan konflik sosial," katanya.

Musa Ahmad berpesan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk menyiapkan mental dan fisik yang baik.

''Ini agar dapat menampilkan jati diri petugas pengamanan sebagai sosok yang Presisi, pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang jujur, adil, transparan, dan akuntabel. Segera lakukan orientasi lapangan, lalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait untuk mengetahui lokasi dan karakteristik TPS yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing," pesannya.

Musa meminta personel pengamanan dapat bekerja dengan semangat, disiplin, tulus, dan ikhlas. "Ini semua agar pengamanan berjalan tertib, aman, dan terkendali serta bermakna ibadah," ungkapnya.

Sedangkan Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menyatakan siap melakukan penegakan hukum sesuai aturan dan tanpa tebang pilih, baik kepada pihak penyelenggara, pelaksana, maupun para calon dan tim sukses.

''Silahkan laksanakan pesta demokrasi ini dengan aman dan tertib serta tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Jika ada pelanggaran dari sisi hukum, kita akan lakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Dalam pengamanan Pilkakam Serentak pada 82 kampung yang tersebar di 27 kecamatan wilayah  Lamteng, Polres menerjunkan total 729 personel gabungan.

Yakni sebanyak 409 personel Polres Lamteng serta 320 personel dari BKO Polres Metro, BKO Polres Lampung Timur, BKO Polres Lampung Utara, BKO Polres Tulangbawang, BKO Polres Tulangbawang Barat, BKO Satbrimob Polda Lampung, serta personel dari Kodim 0411/KM.

Para personel akan ditempatkan di 544 TPS pada 82 kampung yang menyelenggarakan pilkakam. Kemudian pasukan BKO Satbrimobda Polda Lampung akan ditempatkan di tiga Rayon.

Rayon A wilayah Barat, Rayon B wilayah Tengah, dan Rayon C wilayah Timur. Lalu dua peleton Dalmas Polres Lamteng siaga di mapolres dan Tekab 308 Satreskrim Polres Lamteng bergerak secara mobile ke daerah-daerah yang melaksanakan pilkakam. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: