BPS Gelar Rakor Pendataan Awal Regsosek di Pesbar

BPS Gelar Rakor Pendataan Awal Regsosek di Pesbar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Lampung Barat (Lambar), melaksanakan rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang dipusatkan di gedung serbaguna Selalaw, Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, pada Selasa (11/10)

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Ketua DPRD Pesbar Agus Cik., Wabup Pesbar Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Wakil Ketua I DPRD Pesbar Ripzon Efendi, S. Sos., Kepala BPS Lambar Ir. Nasrullah Arsyad., sejumlah kepala OPD dan peserta rapat koordinasi.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal, mengatakan pelaksanaan registrasi sosial dan ekonomi adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa dan kelurahan.

“Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah,” kata dia.

BACA JUGA:Debit Way Krui Meningkat, Rumah Warga Terancam

Selain itu juga, data tersbeut digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan, data regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten.

“Melihat urgennya data yang akan dihasilkan nantinya, saya minta kepada kita semua yang hadir dalam acara sosialisasi ini untuk mengawal pelaksanaan pendataan awal Regsosek 2022 di Kabupaten Pesbar. Hal itu agar data yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan, meminimalisasi rekayasa, serta terbebas dari kepentingan pribadi dan kelompok,” jelasnya.

Ditambahkannya, melalui koordinasi dan sosialisasi pendataan awal Regsosek 2022 itu diharapkan pelaksanaannya dapat berjalan optimal sampai ke seluruh penjuru Kabupaten Pesbar.

“Saya minta seluruh komponen baik Pemkab Pesbar, camat, lurah, peratin, serta organisasi kemasyarakatan agar berperan aktif melancarkan dan menyukseskan pelaksanaan pendataan awal regsosek 2022 di lapangan, memberikan informasi secara benar dan jujur, serta tidak melakukan intervensi kepada petugas pendata yang ditugaskan BPS Lambar,” pungkasnya.

BACA JUGA:Pelaku Tindak Kejahatan Meningkat, Penghuni di Rutan Krui Over Kapasitas

Sementara itu, Kepala BPS Lambar Ir. Nasrullah Arsyad., mengatakan kegiatan ini merupakan perintah presiden untuk dilaksanakan agar data-data kesejahteraan sosial yang banyak tersebar di berbagai lembaga bisa disatukan di dalam satu data yang ada saat ini.

“Pelaksanaan kegiatan ini nantinya akan menghasilkan data yang reguler, berkesinambungan dan akan mudah di akses serta mudah di bagikan oleh masyarakat,” ungkapnya. 

Menurutnya, data yang diperoleh melalui Regsosek tersebut diharapkan menjadi jembatan bagi lintas lembaga, sehingga diharapkan menjadi data yang dapat dipakai secara konsisten sebagai data perlindungan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

“Tugas ini tidak ringan banyak tantangan yang dihadapi, seperti jawaban masyarakat yang jujur, serta mobilitas penduduk yang tinggi, sehingga petugas akan kesulitan mendapatkan informasi sesuai dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: