Pulang Kampung, Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw Ziarah Ke Makam Keluarga Kepaksian Pernong

Pulang Kampung, Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw Ziarah Ke Makam Keluarga Kepaksian Pernong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si., yang merupakan putra asli daerah Lampung dan belum lama ini mendapat anugerah menjadi perwira tinggi polri dan mengemban amanah sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pulang kampung sekaligus berziarah ke tanah leluhurnya di kerajaan adat Sekala Bekhak Kepaksian Pernong, Sabtu (1/10/2022).

Sebagai wujud rasa syukur dan kebanggaan bersama, masyarakat adat Sekala Bekhak Kepaksian Pernong menyambut kedatangan Jenderal Polisi Bintang tiga itu dengan prosesi adat lapahan saibatin.

Setiba di gedung dalom, kedatangannya disambut langsung oleh pangeran Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Brigjen (Purn) Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Bekhak yang dipertuan ke XXIII, Yang Mulia (YM) Peniakan Ratu, Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong Ir. Nurul Adiyati, para Sai Batin dari sejumlah wilayah di Provinsi Lampung, Wakil Bupati Lambar Mad Hasnurin, Dewan adat kepaksian pernong, Sekretariat Gedung Dalom, para raja Kappung Batin dan raja Jukuan Kepaksian Pernong, panglima wilayah adat kerajaan, para Bahatar dan Hulu Balang serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam sambutannya di gedung dalom, SPDB Pangeran Edward Syah Pernong mengucapkan selamat datang seraya mengungkapkan rasa bahagianya atas kepulangan salah satu kerabat kerajaan itu untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat di Kepaksian Pernong. 

BACA JUGA:Polsek Telukbetung Selatan Ringkus Pasangan Pelaku Pembuangan Bayi

”Hari ini mereka pulang, pertama silaturahmi kepada minak muakhi, kemudian mereka ziarah ke makam leluhur raja Sekala Bekhak di gedung dalom,” kata Pangeran.

Masyarakat sekala bekhak, lanjutnya, tentu sangat bangga atas apa yang telah diraih oleh keluarga kerajaan kepaksian pernong itu yang mendapat anugerah kenaikan pangkat sebagai Komjen sekaligus mendapat amanah menjadi irjen Kemendagri.

”Tentu keberhasilan ini berkat doa minak muakhi  semua. Mari kita doakan semoga adinda Tomsi  terus diberi kesuksesan dalam kariernya,” imbuhnya

Sementara itu, Komjen Pol Tomsi Tohir, mengucapkan terima kasih kepada seluruh sanak saudara di Kerajaan Sekala Bekhak Kepaksian Pernong yang telah menyambut kedatangan kepulangannya untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

BACA JUGA:Polres Lamtim Amankan Pengedar Pil Hexymer

Diketahui usai menggelar ramah tamah, sekitar Pukul 17.30 WIB Pangeran Edward Syah Pernong bersama Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw beserta keluarga Kepaksian Pernong melangsungkan ziarah ke makam Tambak Bata,makam keluarga kerajaan Kepaksian Pernong yang berada di belakang Lamban Gedung Dalom.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: