KPM PKH di Sukau Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

KPM PKH di Sukau Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat secara rutin mengikuti kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang digelar oleh pendamping atau SDM PKH seperti di Pekon Pagardewa, Senin (26/9/2022).

Diketahui kegiatan itu menjadi sarana sosialisasi dan edukasi dengan tujuan agar KPM PKH dapat berkembang dan mandiri dengan mengoptimalkan pemanfaatan bantuan yang diterima.

Korcam SDM PKH Sukau Aryanti mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan KPM PKH untuk penguatan keluarga. Karena dalam kegiatan ini para KPM diedukasi tentang pentingnya pendidikan, pengasuhan anak, kesehatan, pengelolaan keuangan dan merencanakan usaha serta kesejahteraan sosial disabilitas dan lansia.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan masyarakat lebih cerdas dalam memanfaatkan bantuan yang diberikan pemerintah, dengan bekal pemahaman yang diberikan harapannya KPM PKH bisa berkembang dan mandiri secara finansial,” harapnya.

BACA JUGA:Warga Dan Aparat Pekon Margajaya Swadaya Tambal Sulam Jalan Rusak

Selain itu pihaknya berharap KPM dapat mengelola bantuan sebaik-baiknya. “Ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang kita laksanakan di seluruh pekon, sehingga selain sosialisasi dna edukasi kita juga melihat progres perkembangan dari setiap KPM,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan salah satu pentingnya P2K2 seperti terkait modul pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha akan menjadi bekal agar kedepannya KPM dapat lebih mandiri secara finansial.

“Dengan harapan agar KPM terhindar dari suatu permasalahan terutama masalah keuangan, maka KPM PKH  perlu mempraktikkan keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap rumah tangga yaitu terampil dalam mengatur prioritas penggunaan uang,” jelasnya.

Untuk itu, terusnya KPM PKH harus mampu mengelola keuangannya dengan langkah awal yaitu merinci sumber pendapatan dan pengeluaran keluarga dan mencatatnya secara rutin ke dalam anggaran keuangan keluarga.

“Disinilah peran SDM PKH untuk membantu mengatasi kendala-kendala yang dialami KPM PKH,” pungkasnya. (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: