Ribuan Goweser Ramaikan 'Lampung Bersepeda' Ke-27 di Lampung Barat

Ribuan Goweser Ramaikan 'Lampung Bersepeda' Ke-27 di Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ribuan goweser atau tercatat sekitar 1.327 peserta dari 135 komunitas sepeda se- Provinsi Lampung yang juga diikuti komunitas asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bengkulu meramaikan acara Lampung Bersepeda ke 27 di Kabupaten Lampung Barat, Minggu (18/9/2022).

Di Kabupaten Lambar, event rutin gowes bareng komunitas sepeda se-Provinsi Lampung yang dilaksanakan oleh komunitas Goweser Liwa atau Liwa Gowes Community (LGC) itu juga menjadi salah satu rangkaian dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Lambar ke-31.

Sebelum tour dimulai rombongan peserta lebih dulu melakukan senam sebagai gerakan pemanasan sebelum bersepeda guna menghindari cedera otot. 

Selanjutnya, dengan mengambil start dari Kawasan Sekuting Terpadu di Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit. 

Rombongan goweser dilepas oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin serta dihadiri para unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD.

BACA JUGA:Grup YANG

Para goweser menempuh jalur track sepanjang 21 Kilometer (KM)  mulai dari kawasan Sekuting Terpadu - Aspol -  PLN Liwa - Seranggas - PMI Lambar - hotel permata - makam pahlawan - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar - Kebun Raya Liwa - Hamtebiu - Taman Kota Liwa - Bundaran Pasar Liwa - Polres Lambar dan kembali finish di Kawasan Sekuting Terpadu. 

Disepanjang perjalanan, para peserta melewati jalur aspal, rabat beton hingga jalan setapak atau tanah. Namun di sepanjang perjalanan para goweser disuguhkan berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata unggulan Kebun Raya Liwa (KRL), Taman Kota, hingga yang baru diresmikan yakni Masjid Al-Mansur.

Dikesempatan itu, Bupati Parosil Mabsus mengungkapkan rasa haru dan bangga atas kunjungan para goweser tersebut, menurutnya  itu menjadi spirit bagi Kabupaten Lampung Barat untuk terus melakukan pembangunan, khususnya di bidang wisata. 

"Terimakasih, selamat datang dan selamat menikmati destinasi wisata yang ada di lambar kepada seluruh komunitas sepeda se-Lampung, serta dari Provinsi Sumsel dan Bengkulu. Alhamdulillah saat ini Lampung Barat sudah memasuki usia yang ke 31, mohon doanya agar semakin maju serta dapat menjadi kabupaten yang hebat dan sejahtera," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pakcik juga mengungkapkan rasa bangganya karena  Lambar memiliki destinasi wisata yang layak mendunia yakni Kawah Nirwana di wilayah Suoh. Sebab, menurutnya di Indonesia hanya Lambar yang memiliki objek wisata kawah nirwana.

"Jadi Lampung barat ini pantas disebut surga tersembunyi," kata dia

BACA JUGA:Ketua Perwapus PSHT Provinsi Lampung Kunjungi Padepokan PSHT Cabang Pesbar NIC 232 Pusat Madiun

Selain itu, dengan adanya kunjungan ini juga dapat memacu semangat pembangunan  di kabupaten Lambar terutama di bidang pariwisata.

"Karena acara seperti ini tentu tujuannya bukan hanya untuk berolahraga tetapi juga untuk kunjungan wisata, sehingga perekonomian masyarakat Lambar terbantu," imbuhnya.

Sementara, Koordinator Goweser Lampung yang akrab disapa Babe Rudi mengungkapkan bHw event Lampung Bersepeda merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali secara bergantian dan kali ini Lampung Bersepeda ke-27 dilaksanakan bersamaan dengan HUT Kabupaten Lambar ke-31

"Hari ini giliran Lambar yang menjadi tuan rumah acara Goweser ini dan kami mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat dari pemerintah daerah dan jajaran panitia khususnya LGC," Sebutnya. 

BACA JUGA:Tukang Becak dan Pencari Rongsokan Santap Siang Bersama dengan Kapolres Lampura

Menurut dia,Kegiatan ini menjadi ajang untuk menyalurkan hobi sekaligus sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi antara Pemkab Lambar dengan para komunitas Goweser yang ada di Lampung maupun dari luar Provinsi. 

"Adanya komunitas ini selain menjadi sarana menjalin silaturahmi juga menjadi wadah untuk menciptakan atlet bersepeda di Lampung, sekali li kami ucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah atas jalannya kegiatan ini,"imbuhnya.

Terpisah, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua LGC Lambar Mujitahidin menambahkan bahwa event Lampung bersepeda ke-27 ini menjadi salah satu  dukungan dalam rangka menyemarakkan HUT Kabupaten Lambar ke-31.

"Acara ini diikuti sebanyak 1.327 peserta yang teregistrasi dari 131 komunitas asal Provinsi Lampung, tiga komunitas dari Provinsi Sumsel dan 1 komunitas dari Provinsi Bengkulu serta diikuti masyarakat. Terimakasih atas kehadiran seluruh rekan-rekan komunitas goweser dan terimakasih atas dukungan dari Bupati dan Wabup yang berkesempatan hadir untuk membuka dan melepas para peserta goweser," imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: