Ketua DWP Lambar Bina dan Bagikan Bantuan ke Posyandu Lansia

Ketua DWP Lambar Bina dan Bagikan Bantuan ke Posyandu Lansia

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lampung Barat Dra. Zelda Nukman, M.M melaksanakan kegiatan pembinaan posyandu lansia yang digelar secara rutin yang bekerjasama dengan Puskesmas UPT Sukau di balai pekon Hanakau, Kecamatan Sukau, Kamis (15/9/2022).

Posyandu lansia itu diikuti sebanyak 19 warga lansia dari 12 pemangku di pekon itu. Selain pembinaan para pengurus DWP Lambar itu juga memberikan sejumlah bantuan berupa Sembako kepada 25 orang lansia. 

Rangkaian Kegiatan tersebut diawali dengan senam lansia yang diperagakan para peserta posyandu. Zelda Nukman nampak gembira dan mengikuti gerakan senam yang diperagakan oleh para peserta. 

Usai senam kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol dan pemberian vitamin.

BACA JUGA:Bantu Ketahanan Ekonomi Keluarga, Pekon Tanjungraya Salurkan BLT-DD ke 159 KPM

Di kesempatan itu, Zelda Nukman menyampaikan apresiasi karena para lansia sangat antusias dalam mengikuti kegiatan posyandu tersebut.

“Saya senang sekaligus merasa bangga menghadiri kegiatan posyandu di Pekon Hanakau ini karena ibu-ibunya sangat antusias mengikutinya,” jelasnya. 

Zelda mengatakan posyandu merupakan salah satu bentuk upaya untuk menjaga kesehatan yang bersumberdaya (UKBM).  Yang pelaksanaannya dilakukan oleh para kader lembaga swadaya berdasarkan inisiatif dan kebutuhan masyarakat. 

“Mengikuti kegiatan posyandu sangat penting, karena dengan mengikuti kegiatan tersebut para lansia mendapatkan pelayanan secara berkala dengan tujuan dapat mencegah dan mengobati penyakit,” jelasnya.

BACA JUGA:Cegah Wabah PMK di Sukau, UPT Puskeswan Lakukan Vaksinasi

Menurutnya, penyakit yang rentan pada masyarakat yang sudah lanjut usia yakni stroke, kolesterol dan kencing manis. Sehingga Ia menghimbau kepada lansia di Lambar khususnya di Pekon Hanakau agar dapat rutin mengikuti posyandu untuk memeriksakan kesehatan. 

“Karena harus kita sadari bahwa kesehatan modal utama dalam menjalani kehidupan,”ucapnya. 

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa pemberian bantuan kepada lansia menjadi salah satu program kerja DWP Lambar dalam rangka mendukung upaya kesehatan serta bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Lambar melalui persatuan DWP Lambar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader posyandu di Pekon Hanakau dan UPT Puskesmas Sukau yang telah mengadakan kegiatan tersebut. Pada dasarnya kegiatan ini memang sudah menjadi tanggung jawab kita bersama," tutupnya. 

BACA JUGA:Digiring Masuk Hutan, 18 Ekor Gajah Balik Menggiring Petugas

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Sukau Metty Sylviani, S.ST, M.KM menambahkan kegiatan posyandu lansia merupakan kegiatan rutin yang dilakukan satu bulan sekali, dalam rangka memberi pelayanan kesehatan kepada lansia yang terdapat di Pekon Hanakau. 

“Tujuannya supaya dapat mendeteksi penyakit, mengetahui kesehatan dan melakukan pencegahan potensi penyakit para lansia,” jelasnya.(edi/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: