Disbunak Lambar Cek Kesehatan Ternak Kambing di Pekon Waypetai

Disbunak Lambar Cek Kesehatan Ternak Kambing di Pekon Waypetai

--

 LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak), Kabupaten Lampung Barat bersama pihak Kecamatan Sumberjaya dan petugas berkompeten lainnya melakukan investigasi ke salah satu kandang ternak kambing warga di pekan

Kunjungan yang dipimpin langsung Kadisbunak Yudha Setiawan, S.Ip., Jum'at (9/9)  itu dalam rangka memastikan dugaan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak kambing warga. 

Dalam pengecekan itu tim selain melakukan pemeriksaan kesehatan ternak kambing juga melakukan penyemprotan desinfektan dan sejenisnya.

Disampaikan Yudha, dari pengecekan yang dilakukan oleh dokter hewan, belum ada indikasi penyakit yang terjadi pada ternak kambing warga tersebut ke arah PMK namun untuk sementara penyakit yang ditemukan sejenis radang paru-paru (pneumonia).

BACA JUGA:Akhirnya! Lubang Neraka di Ruas Jalan Nasional Sekincau Ditambal

Namun untuk memastikan tetap dilakukan pengambilan sampel darah guna pengecekan laboratorium yang hasilnya akan diketahui 14 hari mendatang. 

"Meskipun indikasi penyakit sudah ketahuan pneumonia, namun guna lebih memastikan kondisi kita tetap lakukan pengambilan darah untuk uji laboratorium," imbuhnya.

Yudha menegaskan kalaupun ada ditemukan hewan ternak mengalami PMK seperti halnya pada peternakan kambing yang dilakukan pemeriksaan tersebut setelah hasil uji lab ternyata terserang PMK, maka akan diarahkan untuk dilakukan pemotongan.

"Sebetulnya meskipun terindikasi ada hewan ternak terserang PMK masih tetap bisa dikonsumsi dengan catatan dalam memasak nya suhu di atas 80 derajat," tegas dia.

BACA JUGA:Gerebek Perjudian, Polisi Amankan 14 Warga, Sepeda Motor, Uang Tunai Hingga Sajam

Pada kesempatan itu Yudha berpesan kepada masyarakat khususnya pemilik ternak baik kambing maupun sapi jika ada hal-hal yang mencurigakan seputar penyakit pada ternaknya untuk secepatnya menginformasikan kepada petugas terdekat diantaranya aparatur pekon begitu juga kepada aparatur untuk menginformasikan ke petugas atau dinas instansi terkait.

Di tempat yang sama ditambahkan Camat Agus Hadi Purnama, S.Ip., titik pemeriksaan hewan ternak jenis kambing yang dilakukan tersebut berada di Pemangku 11 (papiuh) Pekon Waypetai. 

Di mana jumlah kambing dalam kandang ternak milik salah satu warga tersebut sebanyak enam ekor.

"Ini diibaratkan jika penyakit pada manusia ini sejenis flu semoga penyakit pneumonia ini dampak dari kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan dengan sendirinya kambing yang terserang akan sehat kembali," tandasnya. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: