Harga Sembako di Pesbar Merangkak Naik

Harga Sembako di Pesbar Merangkak Naik

Ilustrasi sembako-pixabay@EmAji-

PESBAR. MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini mulai merangkak naik. 

Kenaikan itu salah satunya dipicu dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan non subsidi oleh pemerintah.

Kabid Perdagangan, Panji Adha Santoso, S.Kom, M.M., mendampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag) Pesbar Siswandi, S.Kom, M.H., mengatakan, kini kondisi harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional sudah mulai mengalami kenaikan. 

Hal itu diketahui berdasarkan hasil monitoring di pasar tradisional yang kini rutin dilakukan.

BACA JUGA:Polsek Bengkunat Bagikan Sembako ke Nelayan

“Sejak ada kenaikan harga BBM, kini sudah mulai berimbas pada harga beberapa jenis sembako yang sudah mulai merangkak naik, salah satunya di Pasar Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah,” katanya, Kamis (8/9).

Dijelaskannya, beberapa jenis sembako yang mulai mengalami kenaikan itu seperti harga beras sebelumnya berkisar Rp10-13 ribu/kg, kini berkisar Rp10-13.500,-/kg. 

Kemudian, gula pasir dari sebelumnya berkisar Rp14 ribu menjadi Rp14.500,-/kg. Kenaikan juga terjadi pada harga telur ayam broiler dari sebelumnya Rp26.500,- sampai Rp27 ribu/kg, kini menjadi Rp35 ribu/kg.

“Kenaikan yang signifikan terjadi pada harga cabe merah besar dari Rp70 ribu menjadi Rp80 ribu/kg, begitu juga dengan cabe merah keriting dari sebelumnya Rp80 ribu, naik menjadi Rp100 ribu/kg,” jelasnya.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Diskoprindag Pastikan Harga LPG 3 Kg Tetap

Ditambahkannya, untuk harga cabe rawit merah juga mengalami kenaikan dari Rp50-55 ribu menjadi Rp65-70 ribu/kg. Selain itu, bawang merah juga naik dari sebelumnya Rp30-32 ribu, kini menjadi Rp35 ribu/kg, dan bawang putih dari sebelumnya Rp22 ribu, naik menjadi Rp25 ribu/kg. Sedangkan, untuk harga kebutuhan bahan pokok lainnya masih tetap seperti minyak goreng kemasan premium masih berkisar Rp24 ribu/liter.

Masih kata dia, untuk harga minyak goreng curah masih tetap Rp12.500,-/liter, dan untuk minyak goreng kemasan sederhana turun dari Rp15 ribu/liter menjadi Rp14 ribu/liter. 

Sementara itu, untuk harga tepung terigu juga masih tetap Rp13 ribu/kg, daging sapi juga masih tetap berkisar Rp145-150 ribu/kg.

“Begitu juga dengan beberapa jenis sembako lainnya belum ada perubahan harga. Tapi, beberapa jenis sembako lain juga dimungkinkan akan ikut merangkak naik,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: