Buka Lomba Qosidah, Parosil : Ini Wujud Ekspresi Syiarkan Dakwah Agama

Buka Lomba Qosidah, Parosil : Ini Wujud Ekspresi Syiarkan Dakwah Agama

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus membuka lomba qasidah tingkat kabupaten yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Barat melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) di GOR Ajisaka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Rabu (7/9/2022).

Lomba qasidah itu diikuti sebanyak 27 grup yang berasal dari 15 kecamatan, dari 27 grup tersebut lomba terbagi menjadi dua kelompok yakni Kelompok remaja dan kelompok dewasa. Setiap grup terdiri dari 11 hingga 13 orang personel.

Lomba qasidah ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Kemenag Lambar dengan menyediakan sejumlah hadiah yaitu untuk juara I akan menerima trofi dan uang pembinaan sebesar Rp5 juta, Juara II, trofi dan uang pembinaan Rp3 juta, Juara III trofi dan uang pembinaan Rp2 juta dan juara IV mendapat uang pembinaan sebesar Rp1 juta.

Parosil mengungkapkan bahwa lomba qasidah yang digelar itu mampu menarik perhatian masyarakat. 

BACA JUGA:Sikapi Isu Krisis Pangan, Petani Diminta Maksimalkan Lahan

Sebab, sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 selama dua tahun, tepatnya di tahun 2020 hingga 2021 kegiatan tersebut terpaksa dihentikan, dan baru dapat dilaksanakan kembali di tahun 2022 ini.

“Tahun 2019 merupakan terakhir melaksanakan lomba qasidah seperti ini dan setelah diterpa pandemi, baru tahun 2022 ini bisa laksanakan lagi,” kata Parosil.

Di kesempatan itu Parosil mengajak seluruh peserta qasidah untuk mengucap syukur, karena kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali, dan itu merupakan satu bentuk ekspresi dalam mensyiarkan dakwah agama.

”Harapan saya kepada peserta, karena kegiatan ini baru kita mulai kembali, mari kita niatkan yang paling utama adalah untuk bersyukur karena Ini adalah cara kita berekspresi dalam mensyiarkan dakwah Islam," imbuhnya.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Satlantas Polres Lambar Bagikan Beras ke Supir Angkutan Umum

Terakhir, Parosil juga menyatakan, kegiatan itu merupakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat yang tepat jatuh pada 24 September 2022 nanti. 

 

Disisi lain, Menjelang akhir masa jabatan bersama Wabup Mad Hasnurin, sekaligus dalam rangka peresmian Gedung Budaya Pancasila yang berlokasi di komplek perkantoran Pemda Lampung Barat pada akhir November mendatang, dirinya akan menyelenggarakan beberapa lomba untuk melestarikan kebudayaan di Lampung Barat, seperti halnya lomba nyambai, orkes gambus, lomba qasidah dan lomba-lomba kebudayaan lainnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: