Pemprov Gelar Bimtek PMK, Kusnardi : Capaian Vaksin 78,90 Persen

Pemprov Gelar Bimtek PMK, Kusnardi : Capaian Vaksin 78,90 Persen

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi membuka Bimbingan Teknis Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Lampung bertempat di Hotel Sheraton, Selasa (6/9). 

Dalam sambutannya Kusnardi menyampaikan terima kasih kepada Satgas PMK Pusat yang telah memfasilitasi pelaksanaan Bimbingan Teknis Penanganan PMK guna menyelaraskan langkah dalam pelaksanaan Pengendalian PMK di Provinsi Lampung.

Lanjutnya, tujuan pembangunan peternakan Lampung untuk menjadi salah satu lumbung ternak Nasional menghadapi tantangan dengan adanya wabah PMK. 

"Dimana Lampung termasuk daerah yang terdampak. Dengan 12 kabupaten telah terkonfirmasi positif PMK di 35 kecamatan dan 62 desa dengan jumlah kasus per 4 September 2022, total kasus 1.978 ekor, sembuh 1.816 ekor (91,8%), belum sembuh 39 ekor di Kabupaten Pesisir Barat," kata Kusnardi. 

BACA JUGA:Suharso Ngotot Masih Ketua Umum PPP saat Diusir Kader

Pemerintah Provinsi Lampung dengan 15 Kabupaten/Kota telah bekerja keras untuk mencapai zero kasus dengan melaksanakan langkah-langkah penanganan teknis secara menyeluruh seperti, pengobatan hewan sakit, pengetatan lalu lintas ternak, peningkatan biosecurity dengan desinfeksi kandang serta KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) pada masyarakat mengenai PMK, serta melaksanakan potong paksa untuk menekan penyebaran penyakit. 

Kusnardi menambahkan bahwa saat ini program penanganan PMK yang sedang berjalan di Provinsi Lampung yakni program vaksinasi  pada hewan sapi dan kerbau di 15 Kabupaten/Kota. 

"Total vaksin yang telah di terima oleh Provinsi Lampung 308 ribu dosis. Vaksin tersebut sudah terdistribusi ke Kabupaten/Kota sebanyak 188ribu dosis dengan realisasi per 4 September 2022 sebanyak 148.335 atau sebanyak 78,90 persen serta sisa sebanyak 120 ribu dosis yang saat ini masih dalam proses pendistribusian, " pungkasnya (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: