Tak Kunjung Dibangun, Warga Swadaya Perbaiki Jalur Sukabumi-Tebaliokh

Tak Kunjung Dibangun, Warga Swadaya Perbaiki Jalur Sukabumi-Tebaliokh

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Warga Pekon Sukabumi, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat secara swadaya membangun jalan yang menghubungkan pekon itu dengan Pekon Tebaliokh.

Bersumber iuran secara sukarela, puluhan masyarakat bersama aparatur pemerintah pekon bergotong royong membangun jalan itu dengan prioritas nyaman dilalui oleh kendaraan sepeda motor mengingat jalan itu menjadi akses utama bagi anak-anak untuk bersekolah.   

Peratin Sukabumi Alamsyah mengatakan, akses jalan penghubung antar pekon sepanjang 2 kilometer (Km) itu hingga kini tak kunjung dibangun, sementara kondisinya yang masih berupa bebatuan dasar itu sangat mengganggu kenyamanan pengendara. 

“Status penanganan jalan ini menjadi kewenangan Pemkab Lambar, namun hingga kini memang belum ada pembangunan. Ada wacana program karya bakti tapi itupun terbatas, sehingga hari ini kami berinisiatif untuk bergotong royong sekaligus swadaya untuk meningkatkan badan jalan dengan membangun lantai semen,” ujarnya  

BACA JUGA:Pembubaran Koperasi Tunggu SK Kementerian

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat. Ia juga turut bangga karena pembangunan yang dilakukan murni hasil iuran masyarakat.

“Alhamdulillah selain punya semangat gotong royong, antusias warga juga tinggi untuk ikut iuran pembangunan jalan ini. Tentu ini menjadi suatu kebanggan,” kata dia

Lebih lanjut Alamsyah menuturkan bahwa alasan pentingnya peningkatan jalan ini karena selain menjadi akses untuk menjalan aktivitas bertani dan berkebun, jalan ini juga menjadi satu-satunya akses menuju sekolah. 

“Jadi selain mendukung kelancaran mobilitas warga, jalan ini juga merupakan akses pendidikan, karena banyak anak-anak disini yang pergi-pulang sekolah melewati jalur ini dan jika hujan kondisinya licin dan sangat membahayakan,” imbuhnya.

Atas kondisi itu pihaknya berharap Pemkab Lambar memberikan perhatian serius untuk peningkatan akses jalan tersebut. 

“Tentunya masyarakat masih penuh rasa harap agar Pemkab Lambar dapat memperhatikan peningkatan infrastruktur jalan ini karena ini merupakan sarana vital untuk kelancaran mobilitas warga dan anak-anak sekolah,” harapnya. (edi/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: