77 Tahun Indonesia Merdeka, Way Haru Masih Terisolir

77 Tahun Indonesia Merdeka, Way Haru Masih Terisolir

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Meski Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sudah ke-77 tahun. Namun, bagi masyarakat Pekon Way Haru dan sekitarnya yang ada di Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Bart (Pesbar) itu, kemerdekaan tersebut belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat setempat.

Pasalnya, Pekon Way Haru, dan tiga Pekon lainnya yakni Pekon Bandar Dalam, Siring Gading, dan Way Tiyas, merupakan Pekon yang masih terisolir di Kabupaten Pesbar, bahkan mungkin di Provinsi Lampung. Akses transportasi yang masih cukup sulit, membuat masyarakat di empat Pekon itu tak kunjung lepas dari keterisoliran.

Meski Pemkab Pesbar telah mengupayakan untuk pembangunan akses transportasi menuju wilayah terisolir tersebut, namun hingga kini upaya itu belum membuahkan hasil. Masyarakat bergantung dengan Pemerintah.

Karena itu kehadiran Pemerintah sangat didambakan masyarakat setempat, agar dapat terlepas dari ketertinggalan tersebut. Bahkan, pada HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 ini masyarakat belum sepenuhnya menikmati dan merasakan arti kemerdekaan tersebut.

Meski begitu, masyarakat setempat dengan semangat kemerdekaan dan rasa nasionalisme serta cinta tanah air yang dimiliki, tetap mampu melaksanakan peringatan HUT Kemerdakaan RI tersebut, dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih, walaupun dilaksanakan ditengah kubangan lumpur, dengan tiang bendera dari sebatang bambu, yang dilaksanakan di wilayah Karang Bolong, Pekon Way Haru, Rabu (17/8).

BACA JUGA:131 WBP Rutan Krui Dapat Remisi HUT RI

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Pesbar, A.Zulqoini Syarif, S.H., didampingi Ketua I TP-PKK Kabupaten Pesbar Yulnawati Zulqoini, selain itu juga dihadiri Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pesbar Agus Triyadi, S.I.P, M.M., Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesbar, Husni Aripin, S.I.P., Anggota DPRD Pesbar Hi.Khoiril Iswan, sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab setempat, Uspika Kecamatan, Peratin, toko adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat setempat, siswa sekolah dan pihak terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Wabup Pesbar A.Zulqoini Syarif, menyampaikan bahwa, tepat pada 17 Agustus 2022, kita merayakan ulang tahun kemerdekaan negara ini. Meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme diperlukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI sebagai bukti cinta kepada tanah air.

“Peringatan ini sekaligus mengajak dan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan semangat belajar agar lebih rajin lagi,” katanya.

Khususnya, kata Zulqoini, para generasi muda, mari tunjukkan sebagai generasi yang mampu membuat negara tercinta ini aman, tentram, damai dan lebih maju lagi. Sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

BACA JUGA:77 Peselancar Gelar Upacara di Tengah Laut

“Bentuk penghargaan tersebut yaitu dengan meneruskan perjuangan para pahlawan. Meneruskan perjuangan mereka bukan berarti berperang tetapi dengan meningkatkan kualitas diri, maka perjuangan kita adalah memajukan bangsa ini,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya juga mengajak khususnya kaum muda Indonesia bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar dan berprestasi. Harumkan nama bangsa di kancah dunia.

“Mari kita tunjukkan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam mempertahankan eksistensi kemerdekaan Indonesia sebagai tanah air yang kita cintai ini,” pungkasnya.(yan/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: