Peringati HUT RI ke-77, KKI Lambar Gelar Upacara

Peringati HUT RI ke-77, KKI Lambar Gelar Upacara

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat menggelar upacara bersama dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-77 di Halaman SDN 2 Way Empulau Ulu Kecamatan Balikbukit, Rabu 17 Agustus 2022.

Wakil Ketua KKI Kabupaten Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua KKI Kabupaten Lambar Drs. Tono Suparman mengungkapkan, KKI Kabupaten Lampung Barat sengaja memilih SDN 2 Way Empulau Ulu dalam kegiatan tersebut, karena SD tersebut berada di pinggiran Kota Liwa, yaitu terletak di Pemangku/Dusun Landos. 

“Dan uniknya dalam kegiatan ini Inspektur Upacaranya mengenakan seragam lengkap merah putih seperti layaknya yang dipakai siswa SD,” ungkap Sandarsyah, Rabu 17 Agustus 2022.

Adapun yang bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut Ketua KKI Kabupaten Lambar Tono Suparman dan petugas upacaranya berasal dari pengurus KKI Kabupaten Lampung Barat dan siswa-siswi SDN 2 Way Empulau Ulu.

BACA JUGA:Parosil Hadiri Karnaval Pawai Budaya di Waytenong

Sedangkan untuk peserta upacara terdiri dari jajaran pengurus KKI Kabupaten Lambar dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Cabang Lampung Barat, serta jajaran dewan guru dan para siswa dari SDN 1 Way Empulau Ulu dan SDN 2 Way Empulau Ulu.

Menurut Sandarsyah, ada beberapa nilai-nilai luhur yang dapat kita ambil hikmahnya dalam kegiatan ini yang berupa nilai-nilai perjuangan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan yaitu nasionalisme, cinta tanah air, dan bela negara yang kuat di jiwa para pejuang. 

Walaupun saat itu Jepang sudah berjanji akan memberikan kemerdekaan pada Indonesia namun rakyat Indonesia tidak menginginkan kemerdekaan yang merupakan sebuah pemberian atau hadiah.

Lanjut dia, ada tiga makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yaitu menjadikan Indonesia sebagai negara yang bermartabat, kedudukan Indonesia sebagai negara baru yang sejajar dengan negara lainnya, dan proklamasi sebagai tonggak perjuangan kemerdekaan. 

BACA JUGA:Lomba Hias Tumpeng Kecamatan Balikbukit Meriahkan HUT RI ke-77

“Dengan demikian kita dapat mengambil teladan dari para pahlawan yakni semangat  nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, persatuan dan kesatuan, kebersamaan dan tanggung jawab, cinta tanah air, serta rela berkorban tanpa pamrih,” ucapnya. 

Hal ini tentu sesuai dengan Visi dan Misi organisasi Koalisi Kependudukan Indonesia yaitu organisasi kemasyarakatan yang peduli terhadap isu kependudukan dan pembangunan yang mempunyai Visi menjadikan penduduk sebagai pelaku dan sasaran pembangunan sehingga terlaksana pembangunan dari, oleh, dengan dan untuk penduduk. 

Sedangkan Misinya adalah menggalang kemitraan dengan semua unsur baik pemerintah maupun masyarakat dan swasta dalam pembangunan kependudukan, melakukan advokasi untuk mengarusutamakan kependudukan dan keluarga dalam pembangunan, serta menjadi lumbung pikir bagi peningkatan kapasitas semua pemangku kepentingan terkait dalam pembangunan berkelanjutan. 

 

“Lalu menggerakkan, mengaktualisasikan dan menjadi katalisator bagi pembangunan kependudukan serta menjadi wahana independen untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga,” pungkas Sandarsyah. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: