Pesisir Selatan Sukses Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77

Pesisir Selatan Sukses Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat,  dipusatkan di lapangan merdeka, Pekon Biha, sekitaran Kantor Camat setempat, Rabu (17/8) berlangsung khidmat.

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, S.Pd, M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Serda Katman Putra dari Koramil 422-02/Pesisir Selatan, dan bertindak sebagai Perwira Upacara yakni Aipda Hadi Suwarno, dari Polsek Pesisir Selatan.

Hadir dalam kegiatan itu anggota DPRD Pesbar asal Kecamatan Pesisir Selatan, I Gusti Kadi Artawan, dan Riza Pahlevi, selain itu hadir juga seluruh Peratin, dan aparat Pekon, unsur Uspika Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat, serta seluruh perwakilan dewan guru dan siswa sekolah yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan.

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, disela kegiatan mengatakan bahwa, upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kecamatan Pesisir Selatan ini juga cukup diikuti antusias oleh masyarakat setempat yang ingin menyaksikan langsung upacara tersebut, begitu pun para peserta upacara terlihat antusias.

BACA JUGA:77 Peselancar Gelar Upacara di Tengah Laut

“Alhamdulillah, kegiatan upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Pesisir Selatan ini berjalan sukses dan lancar,” katanya.

Menurutnya, hal ini tentunya tidak terlepas berkat kerjasama semua pihak yang telah bahu membahu, sehingga semua rangkaian kegiatan di Kecamatan Pesisir Selatan ini berjalan dengan sukses. 

Dalam kegiatan upacara ini juga masyarakat dan peserta upacara disuguhkan berbagai atraksi pencak silat baik dari pengurus pencak silat Pagar Nusa, maupun pengurus pencak silat PSHT yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan ini.

“Penampilan para pendekar pencak silat dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan ini cukup membuat kagum masyarakat yang ramai menyaksikan tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA:Ngaku Repot Kegiatan HUT RI, Rodi tidak Penuhi Undangan LHP

Ditambahkannya, selain penampilan pencak silat. Dalam kegiatan ini juga ada penampilan Marching Band dari siswa SMA hingga siswa SD di Kecamatan Pesisir Selatan. 

Sementara itu, sebagai bentuk perhatian terhadap para pahlawan, Pemerintah Kecamatan Pesisir Selatan ini juga memberikan tali asih kepada tiga orang pensiunan TNI, Polri, dan pensiunan PNS yang ada di Kecamatan setempat, antara lain Nawawi (Purnawirawan Polri), Amir Syarifudin (Purnawirawan TNI), dan Warsono (pensiunan PNS).

“Tiga orang yang mendapat tali asih dari Pemerintahan Kecamatan ini sebagai bentuk kepedulian, dan tanda bahwa mereka merupakan pahlawan pengisi Kemerdekaan,” katanya.

Dikatakannya, dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan itu dilaksanakan berbagai kegiatan perlombaan untuk hiburan masyarakat, seperti lomba panjat pinang, maupun lomba hiburan lainnya. 

BACA JUGA:DLH Bakal Pasang Banner Larangan Buang Sampah Sembarangan di Pasar Talang Padang

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan ramah tamah bersama semua unsur dan pihak undangan terkait lainnya di kantor Kecamatan setempat.

 

“Kedepan kita berharap momen pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini menjadi renungan bersama, sehingga kedepan mampu mewujudkan dan membangkitkan semangat juang masyarakat untuk kemajuan Kabupaten Pesbar dan khususnya di kecamatan ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: