DLH Bakal Pasang Banner Larangan Buang Sampah Sembarangan di Pasar Talang Padang

DLH Bakal Pasang Banner Larangan Buang Sampah Sembarangan di Pasar Talang Padang

ilustrasi--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Banjir yang kerap terjadi di sekitar pasar tradisional Semi modern Kecamatan Talang Padang, Tanggamus akibat meluapnya air siring drainase pasar yang tersumbat sampah, ditindak lanjuti para pihak terkait.

Camat Talang Padang, Agustam Hamid kepada radar lampung.co.id Rabu 17 Agustus 2022 mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Tanggamus, kedepan dilakukan pemasangan banner atau papan pengumuman dan himbauan agar warga tidak membuang sampah kedalam saluran drainase. 

“Pihak Dinas Lingkungan Hidup telah menyetujui usulan pemasangan banner dan papan pengumuman seputar larangan membuang sampah ke saluran drainase Siring tersebut,” ungkap Agustam Hamid. 

"Banner himbauan itu nantinya akan dipasang pada sejumlah titik saluran Siring yang diduga kerap menjadi tempat pembuangan sampah," imbuhnya. 

BACA JUGA:Siring Penuh Sampah, Pasar Talang Padang Kerap Kebanjiran

"Untuk itu dalam waktu dekat, saya akan kembali menanyakan kepada Dinas Lingkungan Hidup kapan kira kira banner banner himbauan itu akan dikirim ke kecamatan," pungkasnya. 

Terpisah Kepala bidang (Kabid) Perdagangan, Ismail mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Tanggamus, Herry Heryadi merespon positif rencana pemasangan banner himbauan seputar larangan membuang sampah sembarangan tersebut. 

Menurut Ismail itu merupakan langkah tepat. "Mudah- mudahan dengan adanya banner- banner himbauan akan menimbulkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan seperti kedalam saluran drainase dan lainnya," kata Ismail. 

Selanjutnya ia juga mengatakan, akan terus menyosialisasikan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. 

BACA JUGA:Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Tanggamus Berlangsung Khidmat

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Masyarakat di sekitar pasar tradisional Semi modern Talang Padang, Tanggamus diharapkan tidak membuang sampah ke drainase. 

Sebab banyaknya sampah di saluran drainase pasar tersebut, menyebabkan penyumbatan saat hujan. Akibatnya, air meluap hingga ke jalan dan area pasar. 

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Ismail mewakili Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Tanggamus Herry Heryadi mengatakan, saat hujan deras, banyak sekali sampah di drainase.

Mulai sampah plastik, botol dan potongan potongan kain serta sampah lainnya.

BACA JUGA:Salah Satu Korban Pembacokan ODGJ Meninggal Dunia

Kondisi tersebut mengakibatkan banjir. Di mana, air dari drainase meluap ke jalan dan kawasan pasar.

"Padahal drainase di area pasar tersebut telah diperlebar dan diperdalam," kata Ismail.

"Buanglah sampah pada tempatnya, agar saluran drainase bersih dan saat hujan deras air tidak naik ke permukaan dan membanjiri area pasar," tegasnya. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: