Lima Pekon di Pesbar Jadi Sasaran Kegiatan Pamsimas 2022

Lima Pekon di Pesbar Jadi Sasaran Kegiatan Pamsimas 2022

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), tahun ini kembali melaksanakan program Penyedia Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Kabid Ekonomi dan Prasarana Wilayah, Albet Gunanta Putra, S.E., mendampingi Kepala Bapelitbangda setempat, Syaifullah, S.Pi., mengatakan tahun ini pelaksanaan program Pamsimas kembali digulirkan oleh pemerintah pusat.

“Sebelumnya sempat ada wacana kegiatan Pamsimas akan dihentikan tahun ini, tapi rencana itu batal dan Pamsimas kembali digulirkan,” kata dia.

Dijelaskannya, tahun ini jumlah pekon sasaran program Pamsimas itu mengalami penurunan dibanding tahun 2021 lalu, sebelumnya ada 10 pekon lokasi Pamsimas itu, kini hanya lima pekon lagi.

BACA JUGA:Disdik Pesbar Minta Siswa Tidak Diizinkan Kendarai Sepeda Motor

“Setiap tahun jumlah pekon yang menjadi lokasi pelaksanaan Pamsimas mengalami penurunan, tahun ini hanya lima pekon yang ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan itu,” jelasnya.

Ditambahkannya, lima pekon itu antara lain Pekon Gunungkemala Timur, Kecamatan Waykrui, Pekon Pardahaga, Pekon Bandar Pugung Kecamatan Lemong, Pekon Kota Batu dan Pekon Mulang Maya Kecamatan Ngaras.

“Lima pekon yang menjadi lokasi pelaksanaan Pamsimas itu ditetapkan langsung oleh pemerintah dan pelaksanaanya akan dilakukan oleh kelompok kerja masyarakat (KKM), terangnya.

Menurutnya, kegiatan Pamsimas yang dilaksanakan di masing-masing pekon sasaran tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat saja, melainkan akses sanitasi yang layak juga harus dilaksanakan.

BACA JUGA:Soal Rencana Pinjaman Rp100 Miliar, Ini Kata Agus Cik

“Melalui kegiatan tersebut pemenuhan sanitasi yang layak seperti di sekolah akan dilaksanakan, karena itu kegiatannya juga harus maksimal,” ujarnya.

Ditambahkannya, meski jumlah pekon sasaran Pamsimas tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, namun kegiatan yang dilaksanakan harus lebih maksimal, terutama dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Kita berharap pelaksanaan Pamsimas di kabupaten ini berjalan maksimal, sehingga akses sanitasi dan kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: