Parosil Jadi Pembina Upacara di SMPN 1 Liwa

Parosil Jadi Pembina Upacara di SMPN 1 Liwa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menjadi Pembina Upacara yang rutin digelar setiap hari Senin di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Senin (8/8) 

Selain bupati, tampak hadir Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lambar Partinia Parosil Mabsus, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Dewan Guru, serta seluruh siswa-siswi SMPN 1 Liwa. Pada upacara itu bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Desmon Rasya D salah satu siswa SMPN 1 Liwa kelas 9 H. 

Setelah dilakukan upacara, Bupati Lambar Parosil Mabsus melakukan penyerahan sertifikat penghargaan terhadap tiga siswa berprestasi yaitu Hesekiel Marulitua Situmeang kelas 8 A juara III  karate tingkat Provinsi, Afif Sani Ghuasadlah kelas 9 A juara I lomba lari 1000 meter putra dan Muhamad Gibran Al Hilabi kelas 8 A juara I Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Provinsi. 

Selain itu, dilakukan juga doorprize terhadap siswa/siswi yang bisa menjawab pertanyaan mengenai Pitu (Tujuh) program yang dicanangkan Bupati Lambar H. Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin (PM). 

BACA JUGA:RAPBD Perubahan 2022, Pendapatan Lampung Barat Rp4 Miliar Lebih

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mengungkapkan, upacara ini sebagai bentuk untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus menegakkan kedisiplinan sebagai siswa/siswi dan bentuk sebagai tanggungjawab Kepala Sekolah dan dewan guru. 

“Tujuan dilakukannya kegiatan upacara di SMPN 1 Liwa ialah sebagai bentuk silaturahmi, melihat secara langsung kegiatan proses kegiatan belajar mengajar setelah menghadapi Covid-19 serta saya ingin mengetahui kedisiplinan hari ini yang diharapkan lebih baik dari sebelumnya,” ujar Pakcik—sapaan Parosil Mabsus.  

Saat ini, lanjut Pakcik,  kita sedang dihadapi persoalan yang begitu besar, karena sudah berada di era digital,  tentu akan membawa perubahan yang besar dalam menghadapi era digital dan era informasi yang cukup cepat dan tinggi akan menghadapi sebuah persoalan.  

“Saya berharap kepada anak-anakku, kalian merupakan penerus generasi bangsa,  yang akan melanjutkan generasi kepemimpinan maka harus memiliki sebuah bekal bukan hanya sekedar ilmu tetapi yang tidak kalah pentingnya yaitu moral. Untuk membentuk moral ini tidak bisa hanya tanggungjawab sekolah saja tetapi tentu harus menjadi tanggungjawab bersama, orang tua, aparatur sipil negara dan pihak sekolah,” tegasnya. 

BACA JUGA:ODGJ Ditemukan Meninggal Dunia, Tangan dan Kakinya Terikat

Pakcik mengungkapkan,  keberhasilan siswa-siswi bukan hanya diukur atas kemampuan di bidang akademik saja, namun bagaimana caranya merubah prilaku yang lebih baik seperti mencintai teman-temannya dan lebih hormat kepada kedua orang tua serta gurunya. 

Karena menurut Parosil keberhasilan itu tidak bisa diciptakan sendiri, di ukir sendiri, keberhasilan tersebut pasti melewati sebuah proses baik itu oleh teman-temanmu, guru-gurumu bahkan orang tuamu. 

Parosil berpesan kepada siswa/siswi agar kedepannya lebih terbuka terhadap dewan guru, karena guru di sekolah adalah sebagai orang tua di saat disekolah yang dapat membimbing, mengayomi dan mengarahkan ke arah yang lebih baik. 

“Jika anak-anakku memiliki persoalan tolong disampaikan kepada dewan guru, orang tua dan ketua kelasnya agar persoalan tersebut dapat teruraikan dan terselesaikan," harapnya

BACA JUGA:Sambut HUT RI, Pemkab Lambar Bagikan Puluhan Ribu Bendera

Parosil bangga karena beberapa waktu lalu mendapat kunjungan dari rektor Universitas Lampung (Unila), pada kunjungan tersebut rektor Unila mengapresiasi atas kualitas dan peningkatan pendidikan yang ada di Kabupaten Lambar.  

 

“Tentu meningkatnya kualitas pendidikan di Kabupaten Lambar ini tidak lepas dari semangat juang para siswa/siswi. Cita-cita yang akan diraih tidak terlepas dari kesungguhan dari anak-anakku untuk belajar,  namun kesungguhan belajar tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya moral yang baik pada diri kita," pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: