Ciptakan Petani Mandiri, Pemerintah Pekon Gedungsurian Salurkan 2 Mesin Giling Padi

Ciptakan Petani Mandiri, Pemerintah Pekon Gedungsurian Salurkan 2 Mesin Giling Padi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perwujudan Pekon Hebat, memang layak disematkan salah satunya kepada Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). 

Salah satu fakta yang kembali dibuktikan pemerintah pekon tersebut yakni dalam merealisasikan 20 % Anggaran Dana Desa (ADD) yang di khususkan untuk Program Ketahanan Pangan guna meraih Pangan Mandiri (PM).

Pekon yang di besut Peratin Boimin tersebut selain memfokuskan pada ketahanan pangan Nabati dan Hewani, juga pengadaan Sarana Produksi Tani (Saprodi) berupa pembelian dua unit mesin giling padi yang disalurkan kepada masyarakat tani melalui Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama Pekon Gedungsurian.

Ditegaskan Boimin yang terkenal sebagai penyuplai bibit pisang skala nasional jenis cavendish. Inisiatif penyaluran bantuan mesin giling padi tersebut guna mendukung Poktan meningkatkan hasil produksi.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Motif Pelaku Pembunuhan AP

Dijelaskannya karena keterbatasan anggaran masyarakat tani sebagaimana tergabung di Poktan Maju Bersama, untuk pengolahan/penggilingan padi menjadi beras masih diupahkan dengan masyarakat lain yang memiliki usaha penggilingan. 

Sehingga sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dari pemerintah pekon mala disalurkan dua unit mesin tersebut . 

Oleh sebab itu diharapkannya mesin-mesin tersebut untuk di jaga, di rawat dengan baik bahkan jika nantinya mengalami kerusakan untuk segera di service sehingga bertahan lama. 

Lanjutnya upaya ini bertujuan dalam rangka peningkatan produksi pertanian sebagai mana targetnya menciptakan Petani Mandiri, sebagai salah cita-cita Boimin sapaan akrab Mas Boi (MB) sebagai peratin Pekon Gedungsurian.

BACA JUGA:Adam Eva

"Pertanian dan Perkebunan merupakan nadi kehidupan masyarakat Pekon Gedungsurian karena itu di sektor ini menjadi prioritas penting pemerintah pekon dalam membangun program kerja mewujudkan pekon hebat dan sejahtera," imbuhnya.

Masih kata Boimin melalui program ketahanan pangan juga bidang nabati sayur mayur ataupun menanam sayuran bagi petani, Hewani peternakan ayam, usaha sale. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: