Dinas PPPA Lampung Gelar Bimtek Ekonomi Kreatif Bagi PEKKA di Pekon Sukaraja

Dinas PPPA Lampung Gelar Bimtek Ekonomi Kreatif Bagi PEKKA di Pekon Sukaraja

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pekon Sukaraja Kecamatan Batubrak Kabupaten Lambar menjadi lokus Desa/Pekon Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Lampung Barat tahun 2022.

Terkait hal itu, Pekon Sukaraja dipilih menjadi tempat kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Ekonomi Kreatif bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung. 

"Adanya kegiatan bimbingan teknis ini, harapannya ibu-ibu sebagai kepala keluarga termotivasi untuk memulai usaha maupun mengembangkan usaha yang sudah ada, baik berkelompok atau perorangan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sehingga kaum perempuan di pekon/desa ini berdaya, karena salah satu penyebab Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah ketidakberdayaan kaum perempuan," ungkap Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ahmad Syukri saat memberikan sambutan pada acara Bimtek Ekonomi Kreatif bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) yang diselenggarakan Dinas PPPA Provinsi Lampung di Balai Pekon Sukaraja Kecamatan Batubrak, Kamis 4 Agustus 2022.

Menurutnya, pekon harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khususnya perempuan dan anak, memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta tersedia sarana dan prasarana publik yang ramah untuk perempuan dan anak. 

BACA JUGA:Hadiri Pemilihan Muli Mekhanai, Arinal : Pemuda Makin Peduli dan Berperan Aktif Bangun Lampung

“DRPPA merupakan model pekon yang dikembangkan oleh Kemen PPPA untuk dapat menjawab lima arahan Presiden RI yang dimulai dari tingkat desa," ungkap Ahmad Syukri.

Lanjut dia, adapun peserta Bimtek tersebut adalah para perempuan kepala keluarga di Pekon Sukaraja yang masuk kedalam Basis Data Terpadu (BDT) Provinsi Lampung dengan para narasumber berasal dari Dinas DP2KBP3A Lampung Barat menyampaikan materi tentang Perlindungan Perempuan dan Anak.

Kemudian dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lambar dengan materi terkait pengembangan UMKM, Pemasaran dan Permodalan, serta materi tentang praktek pembuatan tepung kaskara dan olahannya disampaikan pelaku usaha dari Kecamatan Sekincau. 

Sementara Jabatan Fungsional Perencanaan Ahli Muda pada Dinas PPPA Provinsi Lampung Asrin, S.Kep., M.M., mendampingi Kepala Dinas PPPA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka meningkatkan pemberdayaan kaum perempuan di bidang ekonomi, khususnya perempuan sebagai kepala keluarga. (lus/mlo)

 

Sumber: