Tapping Box Dipasang, Restoran-Hotel di Lambar Mulai Setor Pajak

Tapping Box Dipasang, Restoran-Hotel di Lambar Mulai Setor Pajak

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penerimaan pajak restoran di Kabupaten Lambar ada penambahan sejak dipasangnya alat perekam transaksi atau Tapping Box di sejumlah rumah makan/restoran dan hotel.

“Ada 25 rumah makan dan hotel yang telah dipasang Tapping Box, dan dari puluhan rumah makan dan hotel tersebut sudah ada yang membayar pajak dan juga ada yang masih dalam proses penagihan,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Rabu 3 Agustus 2022.

Dijelaskannya, tahun 2021 lalu, Pemkab memasang lima unit Tapping Box dan tahun ini ada 20 unit dipasang di rumah makan dan hotel pada bulan Juli 2022. 

“Untuk sementara ini realisasi pajak rumah makan dan hotel ini yang telah dipasang Tapping Bok baru Rp20.159.705 dan masih ada yang sedang proses penagihan,” akunya.

BACA JUGA:Terkait Pemilu 2024, Kapolres Lambar Terima Audiensi KPUD Pesbar

Lanjut dia, pemasangan alat perekam data transaksi usaha itu sebagai wujud pengawasan terhadap setoran pajak hotel dan restoran dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lambar. 

“Dengan adanya pemasangan Tapping Box tersebut,  maka akan diketahui berapa pajak yang harus dibayarkan pemilik hotel dan restoran. Artinya pihak hotel dan restoran tidak bisa bermain main dengan pajak dan pembayarannya langsung disetor ke rekening kas daerah,” tegasnya. 

Sekadar diketahui, Pemkab Lambar telah memasang Tapping Box dipasang di Restoran dan Hotel yaitu Lesehan Pondok Pinus, rumah makan (RM) Palembang, Dievha Cafe, Ibung Nov Cafe, Lesehan Aminatul Jannah, RM. Sederhana, RM. Kuningan, Restoran Kang AEF, RM. Gigin. 

Kemudian, RM. Madani, RM. Jejama, RM Lamban Kayu, RM Puncak, Hotel Chandra, Hotel Sumber Asih, Hotel Vinus, Hotel Sahabat Utama, Hotel Pesagi, Hotel Jembar Manah, Rosa Hotel Ono Syariah, Rumah Makan Sabah Beghak, Sari Rasa Hotel Liwa, Wisma Sindalapai, Coffe Cikwo dan Resto, serta Coffee Shop Rest Area. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: