5 Malam di Tengah Laut, Dua Nelayan Hilang Diselamatkan KM Karya Makmur

5 Malam di Tengah Laut, Dua Nelayan Hilang Diselamatkan KM Karya Makmur

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dua nelayan Pekon Kota Jawa Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yakni Beni Irawan (27) dan Krisna (22), yang sebelumnya dinyatakan hilang saat mencari ikan di perairan Bangkunat pada Rabu 27 Juli lalu, ditemukan dalam kondisi selamat dan kini sudah kembali di kediamannya, Senin 1 Agustus 2022.

Kapolsek Bengkunat Iptu Juni Rosiwan, S.Sos., mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik., M.H., mengatakan, dua nelayan yang sebelumnya dinyatakan hilang sejak enam hari itu kini sudah ditemukan dan dalam kondisi selamat, bahkan sudah sampai di rumahnya masing-masing.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang didapat bahwa sebelumnya dua nelayan itu melaut mencari ikan di wilayah Rumpon yang ada di perairan Bangkunat sekitar 22 mil dari tepi pantai. Setelah pencarian ikan dikira cukup, maka korban kembali ke perjalanan pulang.

“Namun dalam perjalanan pulang kapal mengalami kerusakan mesin dan tidak dapat dioperasikan kembali,” katanya.

BACA JUGA:Hari Ketiga, Pencarian Dua Nelayan Bangkunat Yang Hilang Dipusatkan di Titik LKP

Saat itu juga, kata dia, kedua nelayan itu memutuskan untuk mendayung secara manual menuju pinggir pantai selama enam jam. Tetapi, karena keduanya kelelahan hingga tertidur. 

Kedua korban itu pun terombang-ambing ditengah laut selama lima malam enam hari, hingga korban ditemukan oleh kapal KM Karya Makmur (kapal cincin/pokat).

“Kedua nelayan itu pun diketahui diselamatkan oleh Wawan selaku Nahkoda KM Karya Makmur, dan dinaikan ke dalam kapal tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, berdasarkan keterangan kedua nelayan itu bahwa keduanya meminta pertolongan kepada Wawan selaku Nahkoda kapal tersebut untuk mengontak Rudi yang juga seorang pencari ikan, dengan menggunakan pesawat HT Radio, dan saat itu juga Rudi berhasil di hubungi dan kedua korban itu meminta pertolongan untuk di sambungkan ke nelayan Krui atas nama Ferdi, hingga bisa di lanjutkan ke nelayan Bangkunat.

BACA JUGA:Polsek Sumberjaya Kembali Periksa TKP Penemuan Bayi di Way Besai

“Nelayan dari Bangkunat meminta titik koordinat kapal yang menemukan, setelah di dapat titik koordinat, selanjutnya hari ini juga nelayan Pekon Kota Jawa itu melakukan penjemputan,” katanya.

Masih kata dia, adapun nelayan yang melakukan penjemputan dengan menggunakan perahu jukung ke kapal KM Karya Makmur itu yakni Arman (37), Supar (35), Tole (25), Tiyo (23), dan Sukar (40) semuanya merupakan nelayan Pekon Kota Jawa, penjemputan didampingi personil Polsek Bengkunat, TNI, Polairud, serta BPBD Pesbar dan terkait lainnya. 

Dalam penyambutan kedua korban ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat. Sedangkan perahu jukung yang sebelumnya digunakan kedua nelayan itu juga dalam kondisi baik, hanya saja mesinnya mengalami kerusakan.

“Setelah, mesin perahu itu diganti, selanjutnya kedua nelayan serta perahunya itu pun bisa dibawa pulang dengan selamat, dan sekitar pukul 15.00 WIB, kedua nelayan itu pun sudah berada di rumahnya,” pungkasnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: