Kadis PPPA Sampaikan Keberhasilan Lampung Raih Penghargaan Provila

Kadis PPPA Sampaikan Keberhasilan Lampung Raih Penghargaan Provila

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Provinsi Lampung meraih meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 kategori Provila (Provinsi Layak Anak). 

Kepala Dinas PPPA, Fitrianita Damhuri mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan ketika seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung mendapat peringkat Layak Anak.

"Ini berkat kerja keras Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota, tidak bisa dipisahkan. Provinsinya berhasil otomatis Kabupaten/Kotanya juga berhasil," ungkapnya, saat bincang-bincang bersama awak media di Kantor Diskominfotik Provinsi Lampung, Jumat 29 Juli 2022.

Lanjutnya, dalam pemenuhan hak anak terdapat lima klaster didalamnya yakni : 

BACA JUGA:Diskusikan Draf RKUHP, Dewan Pers Sambangi Menko Polhukam

1. Administrasi sipil dan kebebasan (terkait akta kelahiran dan identitas diri kolaborasi dengan Disdukcapil, kebebasan dan keterlibatan anak dalam bersuara musrenbang desa, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi.

2. Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif (sebagai contoh, bersama Dinas Sosial terkait asuh anak yang ditinggal pergi orang tuanya akibat Covid). 

3. Kesehatan dasar dan Kesejahteraan (hak imunisasi, pemenuhan gizi)

4. Pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya (Dana BOS, beasiswa, penerapan sekolah ramah anak)

BACA JUGA:Sebuah Gubuk di Pekon Bahway Terbakar, Satu Ton Lebih Kopi Hasil Panen Ludes

5. Perlindungan khusus (terkait anak-anak yang terpapar HIV/AIDS, penyandang disabilitas, anak-anak yang orangtuanya terlibat kegiatan terorisme)

"Dalam pemenuhan hak anak ini, semua sektor berperan. Fungsi Pemerintah Provinsi, mendampingi Kabupaten/Kota supaya secara operasional terpenuhi dan yang terlibat dalam pemenuhan hak anak itu paham konvensi hak anak," terangnya. 

Kadis PPPA juga menjelaskan, saat kunjungan kerja Menteri PPPA ke Provinsi Lampung pada November tahun lalu, Gubernur berpesan agar seluruh Kabupaten/Kota berkomitmen dalam mewujudkan Provinsi Layak Anak.

"Berkat dukungan kuat dan komitmen Bapak Gubernur, dari Ibu Riana lewat TP PKK juga dari Ibu Wagub, alhamdulillah tahun ini kita bisa mendapatkan Provila," terangnya. 

BACA JUGA:Trimulyo Runner Up Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Lampung

Penghargaan Provila dan KLA diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja serta pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan dan pada akhirnya, diberikan dalam 5 kategori yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

Kedepan, Gubernur Arinal meminta agar Penghargaan yang diraih ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan. Selain itu, Gubernur juga mengharapkan seluruh pihak agar konsisten dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, Lanjutnya. 

"Dengan diraihnya Provila ini, perjuangan kita belum selesai. Keberhasilan yang diraih Kabupaten/Kota harus dipertahankan dan kedepan pelan-pelan harus naik kelas," katanya. 

"Upaya untuk terus mengedukasi semua sektor menjadi poin penting. Kalau dalam agenda kerja gubernur, mewujudkan Lampung sebagai Provinsi ramah perempuan dan anak. Pelan-pelan secara bertahap, kita telah mewujudkan itu," pungkasnya (ded/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: