Edi Novial : PMI Akan Miliki Database Pendonor Darah se-Lambar

Edi Novial : PMI Akan Miliki Database Pendonor Darah se-Lambar

--

LAMBAR, MEDIALMAPUNG.CO.ID - Program pemeriksaan golongan darah gratis adalah program Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat yang diteruskan ke PMI Kecamatan.

"PMI Lampung Barat adalah tempat yang kerap kali didatangi oleh masyarakat cari darah ketika ada membutuhkan, nah dengan program ini kita memiliki data base yang berisikan nama alamat no telpon dan golongan darah masyarakat Lampung Barat," kata Edi Novial, S.Kom., Ketua PMI Lampung Barat saat membuka acara kegiatan tersebut Kamis 28 Juli 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) Yatama Pekon Tri Budi Syukur Kecamatan setempat. 

Lebih lanjut Edi Novial menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang belum mengetahui jenis golongan darah yang dimilikinya. 

Hal ini menjadi sangat krusial ketika ada individu yang mengalami musibah, seperti kecelakaan yang mengakibatkan darah banyak keluar. 

BACA JUGA:Pasutri Tersangka Kasus Curat di Natar Diamankan Jatanras Polda Lampung

Tindakan penanganan pasien menjadi terlambat, karena individu ini belum mengetahui jenis golongan darah yang ia miliki. 

"Masalah ini menjadi dasar pemikiran PMI untuk melakukan pemeriksaan golongan darah masyarakat Lampung Barat," kata Edi Novial saat wawancara dengan media yang meliput kegiatan tersebut didampingi Anggota DPRD Lampung Barat Sakri, Camat Kebuntebu Ernawati, Kepala Puskesmas Kebuntebu Hendri Saputra, Bhabinkamtibmas dan para Peratin.

Isnawati (17) Siswa SMKN 1 Kebuntebu jurusan Bisnis Manajemen mengaku sampai saat ini belum mengetahui apa golongan darahnya.

 Hal itu lah yang memotivasi dirinya dan teman-teman sekolahnya ramai ramai datang ke Gedung Serba Guna (GSG) Yatama Pekon Tri Budi Syukur Kecamatan setempat guna ikuti kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat Kamis 28 Juli 2022 di GSG pekon setempat.

BACA JUGA:Touring Motor Listrik di Kota Metro, PLN dan Walikota Ajak Warga Gunakan Kendaraan Bebas Emisi

"Ya setelah nanti tahu apa golongan darahnya, ya udah gitu aja, gak penasaran lagi," kata Isnawati seraya tertawa kecil 

Sementara itu Camat Kebuntebu Ernawati mengucapkan terimakasih kepada PMI Lampung Barat yang telah memfasilitasi kegiatan pemeriksaan Golongan Darah kepada Masyarakat Kebuntebu.

"Kita terkadang menghadapi kendala ketika ada masyarakat yang Membutuhkan darah, dengan adanya kegiatan ini insya Allah kita bisa respon dengan cepat bila ada yang membutuhkan karena masyarakat sudah mengetahui golongan darahnya, sekali lagi terimakasih atas nama masyarakat Kebuntebu kami sampaikan kepada PMI," ucap Ernawati (Rinto)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: