Pilratin Serentak di Pesbar, Nasib 221 Calon Peratin Ditentukan Besok

Pilratin Serentak di Pesbar, Nasib 221 Calon Peratin Ditentukan Besok

Ilustrasi Pilratin Serentak Pesbar--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 221 Calon Peratin akan bersaing memperebutkan suara warga dalam gelaran pemilihan Peratin (Pilratin) serentak Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tahun 2022 yang digelar Rabu 27 besok. 

Ratusan calon peratin itu akan berebut jabatan pimpinan di 68 Pekon yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesbar.

Plt. Kabid Kelembagaan dan Pemerintah Pekon, Hendri Setiawan, S.T., mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Pesbar, M. Nursin Chandra, S.Pd, M.M., mengatakan, untuk jumlah calon peratin pada pelaksanaan Pilratin serentak di Pesbar ini total ada 221 calon.

“Semua calon peratin itu merupakan hasil penetapan. Untuk jumlah pendaftar sebelumnya juga ada beberapa yang dinyatakan tidak lolos seleksi,” katanya, Selasa 26 Juli 2022.

BACA JUGA:Polres Pringsewu Dampingi Proses Vaksinasi PMK

Sedangkan, lanjutnya, untuk jumlah warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pelaksanaan Pilratin di Pesbar tahun 2022 yang diikuti di 68 Pekon dari 116 Pekon se-Pesbar ini sebanyak 67.615 pemilih. 

Seluruh warga yang telah masuk DPT itu akan akan menyalurkan hak suaranya dimasing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Totalnya ada 159 TPS yang tersebar di 68 Pekon. Untuk jumlah TPS di setiap Pekon berbeda-beda, artinya menyesuaikan dengan jumlah DPT-nya,” jelasnya.

Sementara itu, ketika disinggung terkait dengan persiapan Pilratin tersebut, Hendri mengatakan bahwa semua persiapan sampai dengan saat ini masih terus dimaksimalkan, dan tentunya diharapkan tidak ada kendala. 

BACA JUGA:Jalan Penghubung Suoh-BNS Rusak Parah, Robert: Perbaikan Dimulai Agustus

Seperti untuk pendistribusian logistik Pilratin semuanya sudah selesai, termasuk surat undangan pencoblosan sudah disampaikan ke panitia di tingkat Pekon.

“Begitu juga dengan logistik surat suara kini sudah diterima panitia di tingkat Kecamatan,” katanya.

Masih kata dia, untuk persiapan lokasi TPS-nya pun telah dipersiapkan oleh masing-masing panitia di tingkat Pekon, termasuk berbagai macam perlengkapan lainnya, sehingga mudah-mudahan dalam pelaksanaan pencoblosan maupun penghitungan surat suara nanti tidak ada kendala.

“Pemkab Pesbar tentu berharap kepada seluruh masyarakat di Pekon yang menyelenggarakan Pilratin yang telah memiliki hak suara dan menerima surat undangan itu agar dapat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya,” pungkasnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: