Kesbangpol Pesbar Gelar Sosialisasi Pemantauan Pilratin Serentak

Kesbangpol Pesbar Gelar Sosialisasi Pemantauan Pilratin Serentak

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), melaksanakan sosialisasi pemantauan pemilihan peratin (Pilratin) serentak tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Sartika Guest House, Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin 25 Juli 2022.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pesbar Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Kaban Kesbangpol, Syahrial Abadi, S. Sos., panitia Pilratin dan petugas pemantauan Pilratin serentak tahun 2022. 

Pada kesempatan itu, Zulqoini Syarif., mengatakan penyebaran Covid-19 hingga kini masih terjadi, dengan adanya pelaksanaan pilratin serentak, diharapkan agar pemerintah dapat mendorong peran aktif seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi penyebaran virus tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Sampai sekarang pandemi Covid-19 masih belum selesai, untuk mencegah penyebaran wabah itu diperlukan peran serta semua pihak dan kesadaran masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan saat pelaksanaan Pilratin,” kata dia.

BACA JUGA:Gelombang Capai Enam Meter, Imbau Nelayan Waspada

Dijelaskannya, pelaksanaan Pilratin serentak  sebagai sarana penunjang kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat, hal ini dimaksud dalam rangka penguatan kelembagaan sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas.

Hal itu agar menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara sehingga berdampak positif, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Pesbar yang semakin maju, aman, damai dan sejahtera.  

Berdasarkan Perbup Kabupaten Pesbar No.2/2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemilihan peratin serentak tahun 2022, setiap tahapan pelaksanaan pemilihan peratin serentak berpotensi  terhadap kerawanan yang dapat menimbulkan permasalahan. 

BACA JUGA:Karang Taruna Minta Pilratin Pesbar Berlangsung Damai

Dengan kondisi itu tim pemantau dari tiap-tiap kecamatan harus benar-benar melaksanakan tugasnya dalam pelaksanaan pemilihan peratin agar berjalan lancar.

 

“Saya berharap seluruh pemantau pemilihan peratin serentak  di kabupaten pesisir barat dapat saling bekerjasama mensukseskan pemilihan peratin serentak tahun ini,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: