Polres Lambar Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilratin di Pesbar

Polres Lambar Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilratin di Pesbar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Polres Lampung Barat (Lambar) menggelar kegiatan apel pergeseran pasukan (Serpas) pengamanan (PAM) Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan PAM Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tahun 2022 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah, Senin 25 Juli 2022.

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik, M.H., Kabag Ops Kompol Feri Anda Eka Putra, S.H., Kabag Logistik AKP Hi. Suhairi, Kasat Intelkam AKP Mohammad Mashudi, S.H., Kasat Reskrim AKP Hari Setiawan, S.H, M.H., Kasat Samapta Iptu Syahrul Rekson, Kasat Binmas Iptu Suherman, Kasat Lantas Iptu David Pulner, Kasat Narkoba Iptu Juherdi, S.H., seluruh Kapolsek di Pesbar dan jajaran personil Polres Lambar lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Heri Sugeng Priyantho, mengatakan pergeseran pasukan ke masing-masing wilayah Kecamatan itu salah satunya untuk mengawal kotak suara ke seluruh TPS Pilratin di 68 Pekon di 11 Kecamatan di Kabupaten Pesbar sekaligus mengamankan tempat/bilik, kotak suara dan logistik Pilratin lainnya.

“Ada 204 personel Polres Lambar akan di geser ke TPS di 11 Kecamatan. Sedangkan, selain itu ada 117 personil di standby-kan di Mapolres dan Mapolsek,” katanya.

BACA JUGA:Rakor Perdana Camat Airhitam Rancang Persiapan HUT RI dan Pelaksanaan STBM

Ditambahkannya, terdapat 60 personel BKO dari Satbrimob Polda Lampung dan 90 personil BKO dari Polres Tanggamus, Way Kanan dan Lampung Utara. Ini diperlukan jika terjadi gejolak atau kejadian yang mengancam menggagalkan Pilratin serentak di Kabupaten Pesbar. 

Dalam pelaksanaan Pilratin serentak di Pesbar itu  terdapat 159 TPS yang tersebar di 68 Pekon di 11 Kecamatan se-Kabupaten setempat.

“Semua TPS dan Pekon yang akan melaksanakan Pilratin serentak itu akan ada pengamanan dari TNI dan Polri, yang dibantu panitia Pilratin di masing-masing TPS,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam hal pengamanan, Polres Lambar sudah memetakan  daerah-daerah yang dianggap rawan dengan kategori kurang rawan, rawan dan sangat rawan, hal itu untuk memudahkan dilakukan pemantauan oleh personil di lapangan. 

BACA JUGA:KBM Tatap Muka SMP Negeri 8 Bandarlampung Berjalan Normal

Dengan dilaksanakan Pilratin serentak itu diharapkan masyarakat yang ada di Kabupaten setempat tetap menjaga situasi agar tetap kondusif.

“Percayakan keamanan kepada pihak keamanan baik TNI dan Polri, serta tetap mengedepankan musyawarah dalam setiap permasalahan, dan mohon dukungan kepada Pemkab dan para tokoh masyarakat guna mensukseskan pilratin serentak di Pesbar ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, apel pergeseran pasukan itu dilaksanakan karena penyelenggaraan Pilratin tahun 2022 di Pesbar sudah pada tahapan inti yaitu pemungutan suara, pada Rabu 27 Juli mendatang.

Kesiapsiagaan menjadi kunci kesuksesan utama dalam penyelenggaraan pengamanan. Untuk diketahui bahwa indeks kerawanan Pilratin tahun 2022  yang meliputi berbagai faktor diantaranya faktor geografis, seperti ada beberapa wilayah harus dilewati dengan transportasi melalui air atau jalan yang berliku dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

BACA JUGA:Kecamatan Batuketulis Serahkan Bantuan Sembako-Uang Tunai untuk Korban Kebakaran

“Selanjutnya faktor jaringan komunikasi yang hanya ada di ibukota Kecamatan. Namun yang utama adalah siap siaga menghadapi segala bentuk potensi kerawanan dan ancaman dalam pelaksanaan Pilratin tahun 2022,” jelasnya.

Dikatakannya, mengingat situasi yang terjadi saat ini masih dalam periode pandemi Covid-19 yang belum berakhir serta cuaca yang tidak menentu. 

Maka penyelenggaraan Pilratin harus sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang sudah ditentukan.

 

“Sehingga dapat memproteksi petugas dan warga dari ancaman paparan Covid-19, mudah-mudahan dalam pelaksanaan Pilratin serentak di Pesbar dapat berjalan sukses dan lancar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: