Kesbangpol Sosialisasi Pemilu Kepada Organisasi Kelembagaan di Sumberjaya

Kesbangpol Sosialisasi Pemilu Kepada Organisasi Kelembagaan di Sumberjaya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lambar menggelar Sosialisasi Kelembagaan Pemahaman dan Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, bertempat di aula kantor Sumberjaya Senin 25 Juli 2022.

Kepala Badan Kesbangpol Lambar Muzakar, S.E., Camat Sumberjaya Agus Hadi Purnama, S.Ip., dan selaku narasumber Ketua KPU Lambar Arifsah, S.Kom., Komisioner Bawaslu Iin Gusanto, Kanit Kaur Yanmin Aipda Sunandar, peserta sosialisasi Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Penggiat Pariwisata dan Media dalam wilayah Kecamatan Sumberjaya, utusan Kodim Lambar Sert Jhon Erika.

Dalam sambutan Bupati Parosil Mabsus yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Lambar Muzakar, S.E., mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan nasional dilakukan dengan berbagai bidang dan semua aspek kehidupan masyarakat baik fisik maupun mental spiritual yang harus dilaksanakan secara terpadu, terus menerus dan berkesinambungan guna mewujudkan tercapainya cita-cita nasional yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Berkaitan dengan hal tersebut, Muzakar jelaskan keberhasilan pembangunan nasional sebagai pengamalan pancasila bergantung kepada partisipasi masyarakat, sikap mental dan semangat penyelenggara negara serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA:Sat-Binmas Polres Lambar Beri Penyuluhan Narkoba di Kalangan Pelajar

“Saya menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan ini dalam memberikan pemahaman, wawasan dan pengetahuan masyarakat, sehingga masyarakat menjadi paham dan mengerti mengenai regulasi yang mengatur penyelenggaraan pemilu, susduk MPR, DPR, DPD, dan DPRD, tentang partai politik dan sebagainya,” ucapnya.

Sementara dalam laporannya Panitia Pelaksana Kabid Politik Dalam Negeri Pangku Hazaroni, S.Pd., mengatakan, penyelenggaraan sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman untuk memantapkan semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menciptakan dan memelihara iklim yang kondusif guna pelaksanaan program-program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan yang sangat diperlukan sebagai upaya untuk meredam gejolak sosial dan suhu politik yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengingatkan warga negara akan pentingnya arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban di hadapan hukum dan sebagai pembentukan cara pandang yang sehat dan wajar mengenai masa depan bangsa yang bersatu, berdaulat serta semakin mantapnya stabilitas politik yang dinamis menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024. 

Masih kata dia, adapun materi kegiatan sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan, yaitu Kodim 0422 LB dengan materi Antisipasi Kerawanan Politik Jelang Pemilihan Umum 2024 disampaikan oleh Kodim 0422 LB.

Kemudian Polres Lambar dengan materi “Antisipasi Penyebaran Hoax dan Pencegahan Polarisasi Masyarakat Menjelang Pemilihan Umum 2024”, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lambar dengan materi “Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Umum”, serta KPU dengan materi “Undang-Undang Republik Indonesia No.7/2017 tentang Pemilihan Umum”. 

Sementara dalam sambutan Camat Agus Hadi Purnama, menghimbau kepada para peserta untuk konsentrasi terhadap materi sehingga apa yang dimaksud di kegiatan ini tersampaikan kepada masyarakat umum. 

"Peserta yang hadir merupakan wakil dari masyarakat jadi diharapkan menjadi perpanjangan tangan masyarakat," tandasnya. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: