Momentum Isra Mi’raj 1443 H, Teguhkan Harmoni Berbangsa dan Beragama

Momentum Isra Mi’raj 1443 H, Teguhkan Harmoni Berbangsa dan Beragama

Medialampung.co.id – Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah diharapkan menjadi momentum untuk meneguhkan harmoni berbangsa dan beragama. 

Hal itulah yang menjadi tema Isra’ Mi’raj yang sebelumnya ditayangkan secara nasional melalui media virtual oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Barat Maryan Hasan, S.Ag., M.Pd.I., turut menyaksikan dan menyimak rangkaian kegiatan Isra Mi’raj yang ditayangkan secara nasional oleh Menag RI Yaqut Cholil Qoumas secara virtual pada Senin (28/2) malam.

Selaku jajaran Kementerian Agama, Maryan Hasan menegaskan bahwa Kankemenag Lambar juga memiliki komitmen untuk mengawal terlaksananya upaya-upaya dari berbagai kelompok umat Islam dalam rangka menjaga dan memperkuat harmoni kehidupan sosial, baik dalam aspek kehidupan keagamaan terutama dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Upaya-upaya itu misalnya, seruan dan anjuran para tokoh agama Islam di Lampung Barat agar masyarakat muslim tidak mudah terjebak dan terpengaruh oleh berita atau info yang justru akan merusak kerukunan internal umat Islam sendiri. Masyarakat diajak untuk mempelajari dan merenungi nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam, bukan hanya sekedar mendengar dari sekelompok orang yang seringkali tidak sesuai dengan nilai ajaran Islam itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, terkait dengan hiruk pikuknya pemberitaan mengenai pengeras suara di masjid dan mushola, ia mengajak seluruh tokoh dan umat Islam di Lambar khususnya untuk kembali ke substansi awal, yaitu mengenai isi dari SE Menag No.05/2022 yang memiliki muatan untuk sekedar mengatur penggunaan pengeras suara dengan tujuan untuk menjaga harmoni sosial, yang akan membuat kehidupan masyarakat semakin nyaman dan penuh dengan kesejukan.

“Umat Islam di Lampung Barat perlu merapatkan dan menguatkan barisan. Ujian yang melanda negeri ini sudah cukup banyak, maka sudah seyogyanya saling bahu membahu mengatasi persoalan secara Bersama-sama. Dan itu semua akan terwujud jika kerukunan antar sesama dijaga dan diteguhkan,” tutupnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: