Sabtu Besok, MB Perkenalkan SICITA di Rumah Aspirasi

Sabtu Besok, MB Perkenalkan SICITA di Rumah Aspirasi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Anggota DPR RI asal Lampung, Mukhlis Basri akan mengadakan kegiatan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) pada Sabtu besok, 23 Juli 2022 pukul 08.00 WIB.

Hal itu disampaikan Mukhlis Basri saat ditemui di sela-sela kesibukan persiapan pelaksanaan SICITA yang akan dilaksanakan di kediamannya di Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu Kabupaten Lampung Barat, Jumat 22 Juli 2022. 

Mukhlis Basri memberitahukan bahwa kegiatan ini dalam rangka mengenalkan senam SICITA kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Kebuntebu dan sekitarnya.

”Besok Sabtu kami akan mengadakan senam SICITA di halaman Rumah Aspirasi bersama masyarakat, dan kita juga telah menyiapkan doorprize bagi masyarakat yang beruntung sebagai tali asih," terang MB--sapaan Mukhlis Basri. 

BACA JUGA:Polres Lambar dan PWI Sepakat Tingkatkan Sinergitas

Untuk itu ia berharap agar kader, pengurus partai dan masyarakat dapat mengikuti dan memeriahkan kegiatan senam massal dimaksud.

Ayahanda anggota DPRD Provinsi Lampung, Lesty Putri Utami itu melanjutkan, Senam yang diperkenalkan secara resmi pada HUT PDI Perjuangan Ke-49 tersebut, secara khusus menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam gerakan-gerakannya, seperti membuka lima jari tangan.

Dalam seluruh gerakannya, SICITA memiliki empat rangkaian. Yakni teknik pernafasan dan memberi semangat, pemanasan dengan tiga gerakan, lima gerakan inti, dan penutup. Dari seluruh tahapan tersebut, setiap gerakannya memiliki nilai filosofis tersendiri.

Seperti pada empat gerakan wajib yang dihadirkan. Pertama, gerakan tangan kanan di bahu kanan dan tangan kiri di pinggang yang menyimbolkan gotong royong atau bahu membahu.

BACA JUGA:Kebocoran Gas Elpiji Jadi Pemicu Kebakaran di Pekon Kenali

Kedua, gerakan hormat dengan posisi tangan kanan di pinggang sebagai penghormatan dari jiwa kita ke orang lain.

Dilanjutkan gerakan tangan kanan dilipat diatas tangan kiri dan salam yang bermakna persatuan serta rasa syukur. Lalu diakhiri tepuk tangan dan bersorak sebagai lambang semangat.

Tak berhenti disitu, nilai-nilai budaya juga akan kental terasa saat melakukan senam. Lantunan musik-musik daerah dan nasional diaransemen secara apik sehingga menambahkan semangat.

Tidak hanya menguatkan rasa nasionalisme, rangkaian senam berdurasi delapan menit ini juga memberikan manfaat kesehatan. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: