Puskesmas Airhitam Deteksi Dini Penyakit TB dan Kusta dan screening Sasaran Sekolahan

Puskesmas Airhitam Deteksi Dini Penyakit TB dan Kusta dan screening Sasaran Sekolahan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tenaga Kesehatan (Nakes) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah dalam rangka kegiatan deteksi dini penyakit TB, Kusta dan screening pembelajaran tatap muka.

Kepala Puskesmas  Nurbaiti, S.Kep., mengatakan kegiatan deteksi dini tersebut dalam rangka pelacakan dan antisipasi terjadinya penularan penyakit TBC, Penyakit Kusta dan dalam rangka deteksi dini penularan Covid 19. 

Disebutkannya, sekolah yang telah dikunjungi SD 1 Negeri Semarangjaya dan SDN 1 Sumberalam. 

Selain SD nantinya untuk pondok pesantren (Ponpes)  juga akan dilakukan deteksi dini yang sama dengan tujuan salah satu nya peningkatan pelayanan luar gedung UPT Puskesmas Airhitam.

BACA JUGA:RSCM Hingga RS Tiga Matra Bakal Ikut Otopsi Jenazah Brigadir J

Dan apabila nantinya di temukan tanda dan gejala penyakit tersebut di atas tadi akan ditindaklanjuti oleh puskesmas dan masuk dalam pantauan. 

"Dengan adanya kegiatan tersebut derajat kesehatan para siswa sekolah yang ada di wilayah kerja puskesmas dapat terpantau dengan baik," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah kepala SDN 1 Sumberalam Yudha Sutri, S.Pd., menyampaikan terimakasih atas program kesehatan yang dilaksanakan pihak puskesmas untuk sekolahan, hal itu tentu sangat berdampak baik bagi para tunas bangsa dalam semua segi. 

 

"Dengan terjaminnya kesehatan tentu anak-anak akan lebih mudah menyerap pendidikan. Dan berbagai keuntungan lainnya," tandas dia. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: