Program Ambulans Hebat di Lambar Tuntas

Program Ambulans Hebat di Lambar Tuntas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menyerahkan dua unit armada ambulans  hebat untuk Kecamatan Sumberjaya dan Airhitam.

Penyerahan tersebut sekaligus menandakan telah paipurnanya program ambulans hebat, mengingat dua kecamatan tersebut menjadi kecamatan terakhir dari 15 kecamatan yang ada, dan sejauh ini masih memanfaatkan armada puskesmas keliling (pusling).

Pada penyerahan yang dilakukan di halaman kantor  bupati setempat, Kamis 21 Juli 2022 tersebut, Pakcik---sapaan Parosil Mabsus menyampaikan, penyerahan ambulan hebat sebagai bentuk realisasi dari pitu program Lampung Barat yang keempat, yaitu pelayanan masyarakat sehat melalui peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas dan rumah sakit daerah. 

”Tujuan ambulan hebat untuk memberikan pertolongan medis segera dalam menangani masalah gawat darurat, memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kompetensi di lokasi kejadian dan memberikan pelayanan transportasi terhadap kasus gawat darurat,” kata dia. 

BACA JUGA:Ratusan Nakes Kontrak Daerah Terima SK Perpanjangan

Terusnya, dengan sasaran warga yang sakit, mengalami kecelakaan, keracunan, korban tindak kriminal yang terjadi di wilayah Lampung Barat. 

”Kepada tenaga kesehatan  yang menerima dua ambulan hebat tersebut agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya, serta dilakukan perawat dengan baik.  Jangan sampai ambulan hebat ini tidak dipergunakan dengan baik, harapannya ambulan ini tepat guna, kemudian daripada itu ambulan hebat ini merupakan tanggung jawab kita bersama, maka mari kita jaga bersama dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan," imbuhnya.

Ia menyampaikan, pelayanan Ambulans Hebat 24 jam melayani masyarakat Lambar yang membutuhkan pelayanan kegawatdaruratan dan atau pelayanan kesehatan secara gratis. 

Hal ini untuk mewujudkan salah satu program Lampung Barat hebat yaitu pelayanan masyarakat sehat melalui peningkatan sarana dan prasarana puskesmas dan rumah sakit daerah.

BACA JUGA:Panitia Pilratin Hingga Calon Peratin Dimbau Vaksin Booster

Dilain pihak Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, seluruh kecamatan di Lambar tahun anggaran 2022 ini telah memiliki armada ambulans hebat.

Untuk pengadaan Ambulans Hebat di seluruh kecamatan telah telah dimulai sejak beberapa tahun lalu, dan terakhir untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Sumberjaya dan Airhitam yang dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar tahun anggaran 2022.

"Dari 15 kecamatan sejauh ini Kecamatan Sumberjaya dan Airhitam masih memanfaatkan armada Pusling untuk Ambulans Hebat, dan baru bisa dianggarkan tahun anggaran 2022 ini dan kini sudah bisa dioperasionalkan di dua kecamatan tersebut," ungkap  Wawan.

Mengingat Ambulans Hebat didesain khusus dan dilengkapi sejumlah peralatan pendukung, kata dia, maka sebelumnya pihaknya menyerahkan kepada pihak karoseri, karena banyak bagian-bagian yang harus dirubah, termasuk penambahan peralatan pendukungnya. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: