Panitia Pilratin Hingga Calon Peratin Dimbau Vaksin Booster

Panitia Pilratin Hingga Calon Peratin Dimbau Vaksin Booster

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Seluruh calon Peratin dan panitia Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak tahun 2022 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), yang belum melaksanakan vaksinasi dosis tiga atau vaksin booster, diimbau segera melakukan vaksin booster.

Hal itu sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Plt. Kabid Kelembagaan dan Pemerintah Pekon, Hendri Setiawan, S.T., mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Pesbar, M. Nursin Candra, S.Pd, M.M., mengatakan, meski tidak ada aturan kewajiban bagi calon peratin dan panitia Pilratin untuk melaksanakan vaksin booster.

Tapi diharapkan dilaksanakan, karena vaksinasi dosis tiga atau booster merupakan imbauan dari Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Bobol Kontrakan di Pekon Watas, Maling Gasak Sepeda Motor

“Karena itu, diharapkan bagi calon peratin dan panitia Pilratin di masing-masing Pekon yang akan menyelenggarakan Pilratin bisa melaksanakan vaksin booster,” katanya, Kamis 21 Juli 2022.

Dijelaskannya, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaan Pilratin serentak juga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai dari pembatasan jumlah pemilih di setiap TPS yakni maksimal 500 pemilih. 

Maupun, perlengkapan untuk peralatan prokes di setiap TPS, baik masker, tempat cuci tangan dan sebagainya.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan Pilratin serentak nanti dapat terlaksana dengan tertib dan aman, serta berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala apapun. Untuk itu perlu dukungan semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan Pilratin serentak di pesbar ini,” jelasnya.

BACA JUGA:2022, Delapan Warga Pesbar Minta Rekomendasi PMI

Masih kata dia, berdasarkan informasi di beberapa Puskesmas hingga kini masih memaksimalkan pelayanan untuk vaksinasi booster, terutama bagi calon Peratin maupun panitia Pilratin masih banyak yang datang ke Puskesmas untuk dilakukan vaksin booster.

“Kita berharap pelaksanaan vaksin booster bagi calon peratin dan panitia Pilratin se-Pesbar ini bisa terus terlaksana dengan baik, sehingga menjelang hari H Pilratin serentak nanti semuanya sudah selesai mengikuti vaksinasi dosis tiga tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Septono, S.Km, M.M., mengatakan, mulai hari ini banyak masyarakat umum yang melakukan vaksinasi Covid-19 khususnya vaksin booster, dan rata-rata merupakan panitia Pilratin 2022 di Kecamatan setempat.

“Untuk pelayanan vaksinasi booster khususnya bagi panitia Pilratin dan calon peratin itu sampai dengan besok (hari ini-red). Sedangkan di hari pertama ini dalam pelayanan vaksinasi booster itu tercatat ada 37 orang yang mengikuti vaksinasi booster,” pungkasnya.(yan/d1n)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: