Siswa Baru Dikenalkan Kurikulum Merdeka

Siswa Baru Dikenalkan Kurikulum Merdeka

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru tahun pelajaran 2022/2023, salah satunya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kini telah selesai dilaksanakan.

Ketua MKKS SMP Kabupaten Pesbar, Sopyan, S.Pd., mengatakan, MPLS di seluruh SMP telah dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu (18-20/7). 

Selama kegiatan, seluruh siswa sekolah telah mendapatkan berbagai materi, mulai dari wawasan Wiyata Mandala, kegiatan kesiswaan baik itu intrakurikuler, seperti OSIS atau ekstrakurikuler seperti pramuka, UKS, seni, olahraga dan lain-lain.

“Semua siswa juga mendapatkan materi tentang pendidikan karakter, cara belajar efektif, hingga pengenalan budaya lokal, dan materi lainnya,” katanya, Rabu 20 Juli 2022.

BACA JUGA:Supervisi ke Kantor KPU Pesbar, M.Tio Aliansyah Minta Semua Pahami Tupoksi

Tapi, lanjutnya, yang terpenting selain itu yakni dalam pelaksanaan kegiatan MPLS itu siswa juga dikenalkan dengan kurikulum merdeka, yang menjadi  kurikulum baru dan akan diterapkan untuk siswa baru di tahun pelajaran 2022/2023, tak terkecuali bagi siswa SMP se-Kabupaten Pesbar. 

Karena itu, dengan telah selesainya kegiatan MPLS di seluruh SMP yang ada di Pesbar ini diharapkan dapat dipahami oleh siswa baru.

“Kita berharap semua siswa sekolah tingkat SMP se-Pesbar ini bisa memahami semua materi yang telah diberikan selama kegiatan MPLS, terutama pemahaman mengenai kurikulum baru yakni kurikulum merdeka,” jelasnya.

Dijelaskannya, kurikulum merdeka yang mulai diterapkan di sekolah oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesbar tahun pelajaran baru ini diharapkan benar-benar maksimal. 

BACA JUGA:Ratusan Massa Serang Aparat Kepolisian

Karena dalam penerapannya nanti akan kembali dievaluasi oleh Disdikbud setempat. 

Untuk itu, secara bertahap mudah-mudahan penerapan kurikulum merdeka bagi siswa baru itu nanti bisa berjalan efektif. 

Pihaknya juga berharap tidak terkendala, karena saat ini juga masih dikenalkan kepada siswa baru dalam kegiatan MPLS itu, selain itu juga penerapannya akan terus dimaksimalkan.

“Selama kegiatan MPLS juga diharapkan siswa baru bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenal stakeholder sekolah, hingga sarana dan prasarana sekolah, serta lainnya. Kita juga berharap seluruh SMP di Pesbar ini benar-benar memperhatikan semua siswa baru-nya,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: