Realisasi BOS di Lambar Tembus Rp21,652 Miliar

Realisasi BOS di Lambar Tembus Rp21,652 Miliar

Ilustrasi Dana BOS--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah pusat telah merealisasikan bantuan operasional sekolah (BOS) di Kabupaten Lambar sebesar Rp21,652 miliar dari total anggaran BOS yang akan dikucurkan tahun ini sebesar Rp39,784 miliar.

“Per Juni 2022, realisasi dana BOS di Lambar telah mencapai Rp21,652 miliar,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si.

Lanjut dia, BOS reguler merupakan pendapatan daerah yang bersumber dari dana transfer khusus dana alokasi khusus (DAK) non fisik. 

“Untuk teknis penyaluran ke sekolah ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata dia.

BACA JUGA:Stok Minyak Goreng di Lambar 56.352 Liter, 'PeduliLindungi' Tidak Diberlakukan

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulki, S.Pd, M.M, mengungkapkan, dana BOS sebesar Rp39,784 miliar itu terdiri dari Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp27,065 miliar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rp12,719 miliar.

“Setiap siswa akan menerima dana BOS yaitu SD Rp940.000/siswa/tahun dan SMP Rp1.170.000/siswa/tahun,” kata dia.

Lanjut dia, BOS adalah salah satu bentuk intervensi program pemerintah yang dilakukan terhadap sekolah sekolah negeri maupun swasta dan penggunaan BOS antara lain untuk pengadaan buku, kegiatan belajar mengajar, serta penerimaan peserta didik baru (PPDB).

“Penyaluran dana BOS reguler dilakukan secara bertahap dengan ketentuan yakni tahap I paling cepat bulan Januari sebesar 30 % dari pagu alokasi, tahap II paling cepat bulan April sebesar 40% dari pagu alokasi dan tahap III paling cepat bulan September sebesar 30% dari pagu alokasi,” tandasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: