Lambar akan Terima Penghargaan IGA 2020 

Lambar akan Terima Penghargaan IGA 2020 

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus  menjadi salah satu kepala daerah yang diundang untuk menerima penghargaan Innovative Government Award. (IGA) Tahun 2020,  yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta pada Jumat (18/12) mendatang. 

Seperti diketahui, berdasarkan hasil penilaian  Lambar merupakan satu dari lima kabupaten di Indonesia peraih nilai tertinggi  pada penilaian IGA 2020 yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Lomba IGA 2020 sendiri merupakan tahun kedua keikutsertaan Lambar, dengan total sebanyak 136 inovasi  yang dilakukan penilaian oleh tim yang  berasal dari sejumlah Kementerian tersebut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Ir. Noviardi Kuswan mengungkapkan, meskipun belum ada kepastian Lambar akan mendapatkan juara berapa, namun Lambar masuk dalam lima besar untuk kabupaten di Indonesia hal itu berdasarkan hasil penilaian terakhir.

”Jadi kalau untuk juara berapa tingkat nasional kita belum tahu, yang  jelas berdasarkan hasil  penilaian terakhir yang bisa kita akses di website resmi penilaian IGA 2020, kita berada di urutan kelima di Indonesia yang terdiri dari Wonogiri, Banyuwangi, Situbondo, Bogor dan terakhir Lampung Barat,” ungkapnya.

Menurut dia, suatu kebanggaan  bagi Lambar mampu berada di lima besar penilaian IGA 2020 tersebut dan tentunya prestasi tersebut akan terus dipertahankan kedepannya. Bahkan jumlah inovasi daerah yang akan didaftarkan ditargetkan akan lebih banyak dibandingkan tahun 2020 ini.

”Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menjadi tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai penyumbang terbanyak inovasi daerah,” bebernya.

Dijelaskan Noviardi, hasil evaluasi  terakhir dari pemerintah pusat, terhadap inovasi yang didaftarkan masing-masing OPD  dengan total 156 inovasi, telah disampaikan kepada seluruh OPD dan kecamatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam membangkitkan semangat serta mempersiapkan diri agar meningkatkan kinerja di tahun 2021 mendatang.

”Total ada 156 inovasi,  ini merupakan hasil kerja kolektif  dan harapan kedepan bisa lebih banyak, tahun lalu Lambar masuk 25 besar nasional, dan tahun ini masuk lima besar nasional untuk kategori kabupaten, Alhamdulillah pimpinan juga mengapresiasi hasil kinerja seluruh OPD tersebut,” kata dia. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: