KONI Lambar Jadwalkan Musorkab, Berminat Jadi Ketum? Berikut Syaratnya! 

KONI Lambar Jadwalkan Musorkab, Berminat Jadi Ketum? Berikut Syaratnya! 

Medialampung.co.id – Komite Olahrana Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat, akan menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab), yang rencananya digelar di Aula Kagungan pada Selasa (22/2) mendatang.

Musorkab tersebut digelar dalam rangka berakhirnya kepengurusan KONI Lambar periode 2017-2021, selanjutnya akan dilakukan pemilihan ketua umum (Ketum) KONI Lambar melalui tahapan penjaringan dan penyaringan oleh panitia, dan pembentukan kepengurusan untuk periode 2022-2026.

Untuk suksesnya Musorkab tersebut, jajaran KONI Lambar menggelar rapat persiapan, yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Devi Sukartono, SE., dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana Vicky Andreas Fiqrullah, S.Pd, Mat., Ketua Tim Penjaringan Iwan Setiawan, SE., M.M., dan jajaran pengurus lainnya, bertempat di Sekretariat KONI Lambar, Kamis (10/2).

Hendevi---sapaan Devi Sukartono, dalam kesempatan menekankan kepada jajaran Panitia Pelaksana maupun Tim Penjaringan bakal calon ketua KONI Lambar untuk segera mungkin melakukan berbagai persiapan guna suksesnya Musorkab tersebut.

”Untuk suksesnya Musorkab ini, apa-apa yang perlu dipersiapkan segera dipersiapkan. Untuk peserta Musorkab nantinya dua orang dari masing-masing Cabor, ditambah dari KONI Provinsi dan pengurus KONI Lambar,” ungkap Hendevi.

Sementara itu, Ketua Tim penjaringan dan Penyaringan Calon ketua Umum KONI Lambar Iwan Setiawan mengungkapkan, Musorkab KONI Lambar membuka seluas-luasnya kepada masyarakat tentang kegiatan Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI masa bakti 2022-2026. 

”Bakal Calon atau peminat dapat meminta pedoman dan tata cara penjaringan dan penyaringan calon Ketua Umum KONI Lambar serta formulir kepada staf sekretariat tim penjaringan dan penyaringan,” ujarnya.

Dijelaskan, pendaftaran Calon Ketua Umum KONI Lambar tersebut dengan cara menyerahkan dokumen pendaftaran oleh bakal calon secara tertulis sesuai dengan persyaratan pendaftaran kepada tim penjaringan.

”Tempat pendaftaran (penyerahan dan penerimaan Dokumen Pendaftaran) Calon Ketua Umum KONI Lambar di sekretariat panitia pelaksana Musorkab yang bertempat di Sekretariat KONI Lambar jalan raden intan Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit dilaksanakan dari tanggal 12-19 Februari 2022 pukul 09.00 17.00 WIB pada jam kerja,” bebernya.

Lebih lanjut Iwan mengungkapkan, untuk jadwal tahapan yakni pengambilan formulir/berkas pendaftaran dimulai pada 12-17 Februari, pengambilan Formulir/ berkas pendaftaran pada tanggal 13-18 Februari, verifikasi berkas, Pemberitahuan Ulang (kelengkapan berkas) dan Pemenuhan Kelengkapan Berkas 18 Februari, Laporan Hasil penjaringan dan Penyaringan 19 Februari dan Sosialisasi dan pengumuman hasil penjaringan dan penyaringan 19-20 Februari.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana menambahkan, persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap Bakal Calon untuk menjadi Calon Ketua Umum KONI Lambar sesuai dengan Peraturan Organisasi KONI adalah untuk Syarat Umum; bakal calon ketua tidak dalam proses persoalan hukum, baik pidana umum maupun tindak pidana korupsi.

Bakal calon mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi olahraga. Bakal calon harus mampu menjadi pengayom, pemersatu semua unsur masyarakat olahraga. Bakal calon mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi.

”Kemudian, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi dan bakal calon harus mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan di semua tingkat,” bebernya.

Kemudian, untuk syarat khusus; bakal calon ketua sekurang-kurangnya pernah menjadi pengurus aktif dan atau sedang menjabat pengurus KONI, dan atau pengurus cabang olahraga Lambar. Memperoleh dukungan minimal tujuh pengurus kabupaten cabang olahraga. Bakal calon harus berdomisili di Kabupaten Lampung Barat. 

”Membuat surat pernyataan bermaterai Rp10.000 yang berisikan sebagai berikut bersedia dan sanggup sebagai calon ketua KONI Kesediaan memperkenalkan diri, memaparkan visi dan misi sebagai Calon Ketua Umum KONI Lambar. Memenuhi, mentaati dan menjalankan AD/ART KONI Melampirkan riwayat hidup singkat, foto Copy KTP dan KK yang masih berlaku Serta diminta untuk melengkapi pas foto 4 x 6 sebanyak dua lembar. Bersedia menyiapkan waktu untuk memimpin KONI Lambar, tidak sedang menjalani hukum pidana,serta menyampaikan visi dan misi sebagai calon ketua umum,” imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: