Kadiskes Lambar Ajak Keluarga Pasien Melahirkan Manfaatkan Keberadaan RTK

Kadiskes Lambar Ajak Keluarga Pasien Melahirkan Manfaatkan Keberadaan RTK

Kepala Dinas Kesehatan Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK), yang berada di wilayah kerja 12 puskesmas yang ada di kabupaten setempat.

Seperti diketahui, RTK yang berada dekat fasilitas kesehatan khususnya Puskesmas yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara ibu hamil dan pendampingnya (suami/kader/keluarga) selama beberapa hari mulai saat menunggu persalinan tiba hingga beberapa hari setelah persalinan.

Menurut Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan, dari 15 puskesmas yang ada, ada 12 puskesmas yang menyediakan RTK, 11 puskesmas diantaranya menyewa rumah penduduk dengan sumber dana dari pemerintah pusat dan satu puskesmas yakni Puskesmas Batuketulis memanfaatkan gedung lama puskesmas setempat sebagai RTK.

Sementara itu, untuk tiga puskesmas lainnya yakni Puskesmas Batubrak,  Liwa dan Biaya Nyerupa tidak memiliki RTK, dikarenakan tiga puskesmas tersebut dekat dengan fasilitas kesehatan rumah sakit.

 

"Semua RTK di 11 puskesmas tersebut berfungsi dengan baik, RTK dilengkapi fasilitas berupa tempat tidur, peralatan dapur sehingga keberadaannya tentu diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya keluarga pasien yang hendak melahirkan di puskesmas," ungkap Wawan.

Lebih lanjut Wawan mengungkapkan, RTK merupakan program pemerintah pusat untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI-AKB).

"Lokasi RTK diupayakan sedekat mungkin dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang mampu melakukan pertolongan persalinan dan penanganan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. RTK sebagai rujukan dalam rangka mendekatkan akses ibu hamil/nifas/BBL resiko tinggi dengan komplikasi sebelum dan setelah persalinan," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: