Kerusakan Dimana-Mana, Akses Jalan Mekarjaya Nyaris Lumpuh 

Kerusakan Dimana-Mana, Akses Jalan Mekarjaya Nyaris Lumpuh 

Medialampung.co.id - Meskipun saat ini ruas jalan penghubung Pekon Mekarjaya, menuju Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sudah dapat dilalui kendaraan khususnya roda dua (R2). Pasca putusnya badan jalan di tiga titik akibat cuaca ekstrim pada pertengahan Januari lalu. 

Namun, akses transportasi masih terganggu karena untuk kendaraan jenis mobil masih harus berputar melalui jalur lain yang rentang kendalinya jauh lebih panjang. 

Berdasarkan informasi terbaru dari Peratin Mekarjaya Atim, S.H., kerusakan infrastruktur akses jalan akibat tingginya intensitas hujan, juga terjadi di Pemangku Purautama, sehingga total kerusakan yang ditimbulkan awal 2022 ini berjumlah lima titik.

Oleh sebab itu, sangat diharapkan penanganan cepat dari pemerintah, bukan saja karena akses yang rusak merupakan jalan kabupaten, melainkan jika dengan dana desa sangat tidak memungkinkan perbandingan tingginya kerusakan dan keterbatasan anggaran. 

Dari pantauan medialampung.co.id di lokasi, upaya penanganan yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Pekon Mekarjaya bersama pemerintah pekon dibantu anggota TNI dan Polri adalah dengan membangun jembatan bertulang batang kelapa di tiga titik jalan putus. Sehingga kendaraan motor sudah dapat melintas.

Disampaikan sebelumnya kerusakan infrastruktur jalan selain disebabkan karena cuaca ekstrim, juga sejak dibangun belum pernah diberikan pemeliharaan yang memadai apalagi peningkatan pembangunan sehingga kondisi badan jalan berupa cor kaku (rabat) beton yang membelah areal sawah tersebut. 

Sedangkan jika dilihat dari aktivitas mobilitas kendaraan jalan penghubung pekon tersebut juga sudah layak diberikan peningkatan. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: