Kerajaan Paksi Bejalan Diway Anjau Silau ke 5 Saibatin Marga Krui

Kerajaan Paksi Bejalan Diway Anjau Silau ke 5 Saibatin Marga Krui

Medialampung.co.id - Sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan sekaligus untuk mempererat rasa persaudaraan yang sudah terjalin sejak dahulu antara sesama keturunan Paksi Bejalan Diway, Peniakan Dalom Beliau Hi. Selayar Akbar, S.E,. AK Suttan Jaya Kesuma IV Suttan Sekala Bekhak yang ke XX Paksi Buay Bejalan Diway Paksi Pak Sekala Bekhak, Raja Junjungan Paksi Yudhistira Puspa Negara, S.E,. AK (Pemapah Dalom Paksi Buay Bejalan Diway) didampingi Ratu Ayu Kumala Jagat beserta sejumlah perwakilan Raja Kampung Batin, dan Raja Jukkuan menggelar tradisi Anjau Silau (Silaturahmi) dengan melakukan kunjungan terhadap Lima Marga Saibatin Krui di Kabupaten Pesisir Barat, Minggu (27/12).

Kegiatan anjau silau yang dipusatkan di Lamban Gedung Sai Batin Marga Bandar Krui tersebut dihadiri oleh Lima Marga Krui diantaranya Saibatin Pedada, Saibatin Bandar, Saibatin Pulau Pisang, Saibatin Ngambur, dan Saibatin Belambanan Lamban Dalom Pekhepasan.

Kedatangan Peniakan Dalom Beliau Hi. Selayar Akbar, Raja Junjungan Paksi dan Ratu Ayu Kumala Jagat beserta rombongan disambut antusias oleh masyarakat adat Marga Krui dengan tradisi arak-arakan dan upacara adat, sebagai tamu kehormatan. 

Dalam sambutannya Peniakan Dalom Beliau Hi. Selayar Akbar mengatakan, tradisi anjau silau merupakan tradisi turun temurun yang memang sudah ada sejak zaman dahulu dan masih terpelihara hingga saat ini. 

Dengan berkumpulnya Lima Marga Krui yang notabene merupakan sesama keturunan (jurai) dari Ratu Bejalan di Way yang berada di Kerajaan Adat Sekala Bekhak yang sekarang lebih dikenal dengan  Kepaksian Buay Bejalan Diway, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi untuk memperkuat rasa persaudaraan, persatuan serta merupakan ajang silaturahmi untuk mempererat persaudaraan yang sudah lama terjalin sejak dahulu kala.

Dalam kesempatan tersebut Peniakan Dalom Beliau Hi. Selayar Akbar,  juga menyematkan pin kehormatan terhadap Saibatin Ngambur A.Rianda gelar Suntan Kapitan Ratu, Saibatin Pedada Drs.Hidayat gelar Pangeran Tanda Jaya, Saibatin Pulau Pisang Sultan Hidayatullah, Demung Tinggi Laksana X, Saibatin Bandar, Indra Alamsyah gelar Suntan Mahkota Marga. 

Usai melakukan penyematan pin kehormatan Suttan Jaya Kesuma IV berpesan agar masing-masing Saibatin dapat tetap menjaga silaturahmi dan menegakkan adat budaya. 

“Silaturahmi merupakan ruh dari ikatan persaudaraan, untuk itu jaga dan tetap lestarikan,” pungkas Peniakan Dalom Beliau Hi. Selayar Akbar.(lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: