Fornas ke-VI Palembang, Perguruan Kuntau Semende Geru Sabet Medali Emas dan Perunggu

Fornas ke-VI Palembang, Perguruan Kuntau Semende Geru Sabet Medali Emas dan Perunggu

--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perguruan Kuntau Semende Geru Kabupaten Lampung Barat, yang menjadi salah satu perguruan pencak silat yang diboyong oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Lampung pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI di Sumatera Selatan (Sumsel) beberapa waktu lalu, berhasil membawa pulang medali emas dan perunggu. 

Sekretaris Kuntau Semende Geru Provinsi Lampung Rio Yulians mengungkapkan, pertama kali dalam sejarah Perguruan Kuntau Semende Geru yang merupakan salah satu pencak silat tradisional yang telah turun temurun tersebut bisa mengikuti event bergengsi tingkat nasional.

”Alhamdulillah, Perguruan Kuntau Semender Geru bisa membawa pulang medali emas dan perunggu, prestasi ini merupakan persembahan bagi masyarakat Lampung Barat,” ungkap Rio, Minggu (3/7).

Dijelaskan Presiden Kuntau Semende Geru, Raffles Hamzah Pansuri, dari dua atlet Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Lampung, Kuntau Semende Geru Blabar Ujang Jamrun di Pekon Sukaraja, Kecamatan Waytenong, yang keberangkatannya dibiayai KORMI Provinsi Lampung mendapatkan medali emas kategori Bercerita Beregu (lima orang), kemudian medali Perunggu Kategori master perorangan. 

BACA JUGA:Perguruan Kuntau Semende Geru Lambar Siap Kirim Atlet di Fornas Palembang

”Ucapan terima kasih ke seluruh pihak terkait, serta apit juray semende panjang, yang telah mendukung Perguruan Kuntau Semende Geru yang memiliki prinsip berorganisasi semende, Ndek kecik nurut, ndek besak ngalah, Ndek mude ngikut, ndek tue ngipat, Berangkekalah pedang, siangilah jalan ke ayik, Ndek ughang ndek ughang, ndek dighi ndek dighi, untuk tampil di Fornaske-VI Palembang,” timpalnya.

Sementara Ketua Umum APPSBI Provinsi Lampung Prof. Dr. Noverman Duadji, M.Si. juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dari Perguruan Kuntau Semende Geru yang telah mempersembahkan medali untuk masyarakat Lampung Barat.

BACA JUGA:Lestarikan Budaya, Masyarakat Adat Semende Bentuk DPC Kuntau

”Alhamdulillah atlet Lampung Barat yang dibantu oleh Bapak Bupati membuat Prestasi di ajang Nasional Fornas Vi Sumsel, kami APPSBI Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan supportnya,” imbuh Harri.

Untuk diketahui, Pengurus Perguruan Kuntau Semende Geru Lampung Barat, menjadi salah satu perguruan pencak silat tradisional yang ikut meramaikan event Fornas ke-VI Sumsel di Palembang, yang dijadwalkan 1-7 Juli.

Pada event tersebut, Perguruan Kuntau Semende Geru mengirimkan sebanyak 28 atlet dan official termasuk pelatih. Pada event tersebut, juga mengenalkan pencak silat yang telah turun temurun dari zaman nenek moyang, yang kini di Lambar sendiri memiliki keanggotaan kerukunan sebanyak 3.000 orang. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: