DP3AKB Pesbar Gelar Pelatihan KHA

DP3AKB Pesbar Gelar Pelatihan KHA

--

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Kamis (30/6), menggelar pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) tahun 2022, yang dipusatkan di GSG Selalaw, Pekon Kampungjawa, Kecamatan Pesisir Tengah.

Hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurdiah, S.Pd. SD., kepala DP3AKB Pesbar, dr. Budi Wiyono, M.H., Kacabjari Lambar di Krui, Christian, S.H, M.H., Fasilitator Nasional (Fasnas) SRA Bekti Prastyani, S.Pd., Ahmad Asari, S.Pd., serta seluruh peserta dari berbagai stakeholder terkait lainnya.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana sosialisasi, Nola Anita, S.Pd, M.M., mengatakan kegiatan pelatihan KHA itu untuk meningkatkan kapasitas para pemangku kebijakan mengenai makna dan implementasi substansi konvensi hak anak dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.

“Pelatihan KHA ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pemangku kebijakan Kabupaten/Kota mengenai isi dan implementasi konvensi hak anak, dan tujuan lainnya,” katanya.

BACA JUGA:Pemkab Pesbar Usulkan Penambahan ASN Lulusan STAN

Sementara, dalam sambutan Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurdiah, mengatakan, kegiatan pelatihan KHA itu merupakan salah satu implementasi Kabupaten Pesbar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA), dimana Kabupaten Pesbar berhasil mempertahankan predikat kategori pratama di tahun 2021 lalu, walaupun ditahun 2022 Kabupaten Pesbar belum dapat meningkatkan predikat kategori madya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat dan meningkatkan komitmen bersama serta mendorong SDM yang telah terlatih oleh KHA,” katanya.

BACA JUGA:SPBU di Pesbar Belum Terapkan Aplikasi MyPertamina

Sehingga, lajutnya, kedepan dapat berperan secara langsung dalam pengembangan kebijakan dan langkah-langkah strategis dalam implementasi pengembangan KLA di Kabupaten Pesbar ini. 

Untuk mencapai target KLA kategori madya pada tahun 2023 mendatang, tentu semua harus terus melakukan berbagai upaya salah satunya dengan penguatan KHA klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

“Untuk memenuhi seluruh klaster tersebut kita harus terus bersinergi dan berkolaborasi dengan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga target yang diharapkan bisa cepat terealisasi,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: