Cegah PMK, Pemkab Pesbar Dapat 500 Dosis Vaksin Ternak

Cegah PMK, Pemkab Pesbar Dapat 500 Dosis Vaksin Ternak

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

Medialampung.co.id - Sebagai upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak ruminansia, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2022, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mendapat alokasi 500 dosis vaksin untuk ternak ruminansia yang ada di Kabupaten setempat.

Kepala DKPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk ternak ruminansia itu akan dimulai besok di beberapa Kecamatan yang banyak ternak ruminansia seperti sapi, kambing, dan kerbau. 

Mengingat dosis yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi untuk di Pesbar tergolong sedikit.

“Ke-500 dosis vaksin ternak ruminansia itu akan dibagi di Kecamatan Ngambur, Pesisir Selatan, Krui Selatan, dan Kecamatan Pesisir Tengah, yang memang di wilayah itu masih banyak hewan ternak ruminansia,” katanya, Senin (27/6).

Dirinya berharap dalam pelaksanaan vaksinasi ternak ruminansia itu tidak terkendala. Pihaknya juga mengharapkan dukungan dari para peternak dalam rangka mensukseskan vaksinasi ternak ruminansia tersebut. 

Sehingga, kedepan semua ternak ruminansia di Kabupaten Pesbar ini bebas dari serangan penyakit menular yang berdampak pada hewan ternak, salah satunya PMK yang kini masih marak terjadi di sejumlah daerah.

“Terlebih menjelang Idul Adha tahun ini, tentunya kondisi semua hewan qurban harus sehat dan terjamin kualitasnya serta bebas dari penyakit,” jelasnya.

Masih Unzir, sebelumnya tim dari DKPP Pesbar juga telah turun kelapangan untuk memberikan penyuluhan ataupun pembinaan terkait dengan pencegahan penyebaran PMK tersebut kepada para peternak di Pesbar ini, baik pembinaan mengenai pencegahan, perawatan kandang, serta lainnya. 

Dengan begitu diharapkan kesehatan ternak terjaga dan terpantau dengan baik, meski di Pesbar ini juga belum ada kasus salah satunya PMK, namun tetap akan terus dilakukan pencegahan.

 

“Kita berharap menjelang Idul Adha ini semua kesehatan ternak yang ada di Kabupaten Pesbar dapat terjaga dengan baik dan maksimal. Tentu peran serta pemilik ternak pun sangat diharapkan, karena itu salah satunya sebagai persiapan untuk hewan qurban,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Sumber: