Dewi : FS KWT Adalah Kelompok Wanita Tangguh

Dewi : FS KWT Adalah Kelompok Wanita Tangguh

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengukuhkan FS KWT masa Bhakti 2022-2027.-foto Edi Herliansyah-

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Forum Sahabat Kelompok Wanita Tani (FS KWT) adalah kelompok wanita tangguh, sesuai juga dengan misi kabupaten Tanggamus yaitu, tangguh, agamis,  mandiri, unggul dan sejahtera.    

Tangguh dan hebat karena betul-betul kreatif, penuh semangat dan inovatif yang pada akhirnya keberadaan Forum Sahabat Kelompok Wanita Tani Kabupaten Tanggamus ini, diharapkan bisa mewujudkan ketahanan pangan kabupaten Tanggamus khususnya, yang berawal dari ketahan pangan keluarga.

Hal ini disampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani usai mengukuhkan Forum Sahabat Kelompok Wanita Tani (FS KWT) Kabupaten Tanggamus masa Bakti 2022-2027.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula terbuka Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus, Rabu (29/6).

BACA JUGA:Tim Penilai KLA dari Pusat dan Provinsi Berkunjung ke Tanggamus

Dewi Handajani berharap FS KWT dapat meningkatkan daya beli masyarakat, karena adanya upaya upaya dilakukan untuk  mengembangkan roda perekonomian dan berimbas pada peningkatan pendapatan keluarga, sehingga bisa lebih sejahtera.

"Kita ketahui, sebagian besar masyarakat Tanggamus bermata pencaharian sebagai petani dan Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu  sesuai dengan apa yang menjadi program 55 aksi desa Pemkab Tanggamus di Kecamatan Air Naningan telah diresmikan sekolah menengah kejuruan pertanian yang tentunya ini akan dapat memberikan daya dukung yang lebih baik lagi terhadap kemajuan sektor pertanian," bebernya. 

Karenanya, lanjut Dewi, FS KWT ini akan menjadi sarana untuk saling berbagi ilmu. Untuk itu kedepan akan disusun program-program yang akan bersinergi dengan Pemkab Tanggamus. 

"Kami membuat program dari masyarakat dan disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Artinya, Pemkab akan membuat program yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan. Bersinergi dengan  masukan masukan dari KWT," pungkasnya.

BACA JUGA:Pekon Sukajaya Dukung Tuntutan Pokdarwis ke Pihak PLTMH Way Besai

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura kabupaten Tanggamus, Catur Agus Dewanto dalam laporannya mengatakan, saat ini ada 386 kelompok wanita tani yang tersebar di 20 kecamatan se Tanggamus. 

Dari jumlah itu beberapa Kelompok Wanita Tani sudah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, produk olahan dan lain-lain. 

Ketua Harian FS KWT Kabupaten Tanggamus, Ning Sulasih mengatakan, tujuan pembentukan FS KWT antara lain adalah, untuk memberdayakan ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan hasil pertanian.

"FS KWT dibentuk untuk dapat meningkatkan produktivitas sumber daya dengan melakukan pendidikan bimbingan penyuluhan sektor pertanian, sehingga dapat mandiri pangan di tingkat keluarga. Karenanya terima kasih atas telah dikukuhkannya FS KWT ini," Imbuhnya. 

BACA JUGA:Buka Muskercab PCNU, Bupati Tanggamus Sampaikan Sejumlah Harapan

Pada acara pengukuhan yang juga diisi dengan sesi tanya-jawab tersebut, juga digelar berbagai lomba. Diantaranya, lomba  olahan alpukat, lomba tumpeng dan lainnya. 

 

Hadir pada acara pengukuhan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Edi Narimo, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dhani Reza Efriansyah,  sejumlah pejabat lainnya serat para anggota KWT dari berbagai kecamatan. (ehl/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: