Jelang Musim Kemarau, BPBD Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

Jelang Musim Kemarau, BPBD Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

Medialampung.co.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maidar, S.H, M.Si mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Apalagi saat ini menjelang musim kemarau. 

“Meskipun saat ini belum musim kemarau, tetapi kami mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” kata Maidar, Kamis (8/7)

Ia mengatakan, jika masyarakat membakar lahan pada musim kemarau dikhawatirkan akan merambat ke hutan di sekitarnya, dan ini bisa menimbulkan kebakaran.

Selain itu, kata dia, pembakaran hutan atau lahan juga dapat menyebabkan kabut asap sehingga membuat udara menjadi kotor. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang membuka kebun baru tidak membakar lahan.

“Untuk antisipasi musim kemarau, masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan pembakaran sampah secara sembarangan karena rentan terjadi kebakaran. Jadi kita lebih baik melakukan antisipasi sejak dini,” katanya

Lebih jauh Maidar mengatakan, berdasarkan laporan buletin dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pesawaran bahwa prakiraan musim kemarau di Kabupaten Lambar diperkirakan pada dasarian III Mei 2021 Zom (zona musim) 47,49 terutama Kecamatan Balikbukit, Bandarnegeri Suoh, Kecamatan Batubrak, Kecamatan Lumbokseminung, Kecamatan Sukau dan Kecamatan Suoh.

“Untuk puncak kemarau di Kabupaten Lambar diperkirakan pada Agustus dan September,” tegasnya

Ia menjelaskan, untuk musim kemarau di bulan Agustus berdasarkan 6 Zom (43% dari 55 Zom) dan September 8 Zom (57% dari 62 Zom). Adapun puncak musim kemarau pada bulan Agustus di Kabupaten Lambar khususya sebagian di Kecamatan Airhitam, Kecamatan Batuketulis, Kecamatan Belalau, Kecamatan Gedungsurian, Kecamatan Kebuntebu, Kecamatan Pagardewa, Kecamatan Sekincau, Kecamatan Sumberjaya dan Kecamatan Waytenong. 

Sementara untuk puncak kemarau pada September sebagian di Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Kecamatan Batubrak, Kecamatan Lumbokseminung, Kecamatan Sukau dan Kecamatan Suoh.

“Dengan kita mengetahui prakiraan cuaca ini maka dihimbau masyarakat untuk melakukan antisipasi, misalnya di sektor pertanian maka petani diharapkan untuk mengantisipasi musim tanam serta untuk ketersediaan air bersih dari PDAM, serta sektor transportasi dan lainnya,” pungkasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: